KONTRIBUSI KETERLIBATAN SISWA DI TEACHING FACTORY DAN PELAYANAN BIMBINGAN KARIER TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA SERTA DAMPAKNYA PADA KESIAPAN BERWIRAUSAHA

Aprillia Vita Ramadhani, Dwi Agus Sudjimat, Mazarina Devi

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui kontribusi keterlibatan siswa di teach-ing factory dan pelayanan bimbingan karier terhadap motivasi dan kesiapan berwira-usaha. Penelitian dirancang dengan survei. Populasi penelitian siswa keahlian Jasa Boga SMK Negeri 3 Malang. Sampel penelitian ditentukan secara proportional ran-dom sampling 86 siswa. Data dikumpulkan dengan angket dan dianalisis dengan ana-lisis jalur. Perbaikan model analisis untuk jalur yang tidak signifikan melalui analisis model trimming yang dilanjutkan dengan pengujian kesesuaian model. Hasil peneliti-an menunjukkan besar kontribusi keterlibatan siswa di teaching factory dan pela-yanan bimbingan karier terhadap motivasi berwirausaha serta dampaknya pada ke-siapan berwirausaha sebesar 40,90%.

Keywords


SMK; keterlibatan siswa; teaching factory; bimbingan karier; motivasi berwirausaha; kesiapan berwirausaha

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v38i2.4958

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats