Implikasi Fenomena Dialektika Teknologi Terhadap Orientasi dan Hasil Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Tipikal Teknologi Industri
Abstract
Secara umum dalam suatu kontinum peradaban teknologi yang berlaku pada masyarakat dewasa ini terdapat 4 titik peradaban. Keempat titik peradaban yang dimaksud adalah agraris, industri, dan informasi. Hubungan diantara peradaban ini, bila dilihat dari hukum fenomena dialektika teknologi bersifat hirarkhi. Hal ini berlaku bagi semua sistem masyarakat, termasuk sistem pendidikan di SMK Tipika Teknoogi Industri sebagai subsistem dari sistem pendidikan nasional. Untuk itu, diperlukan sikap proactive yang mengacu pada ritme fenomena dialektika teknologi dalam pengembangan SMK Tipikal Teknologi Industri. Sikap ini merupakan kondisi antecedent yang dominan bagi SMK untuk dapat melakukan antisipasi orientasi proses dan hasil pendidikan yang searah dengan tahapan dan laju fenomena dialektika teknologi.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v21i2.539
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
![](/public/site/images/angger/logo_um_transparancopy.png)