Kontribusi Sikap Ilmiah Terhadap Kualitas Mengajar Guru Program Studi Mekanik Umum SMK di Kotamadya Malang

Suwarno Suwarno

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap sikap ilmiah guru, kualitas mengajar guru, dan kontribusi ubahan sikap ilmiah terhadap ubahan kualitas mengajar. Populasi penelitian adalah guru program studi mekanik umum SMK di Kotamadya Madya dengan jumlah sampel 68 guru. Cara pengumpulan data ubahan sikap ilmiah dengan kuesioner dan data kualitas mengajar dengan observasi. Hasil analisis deskriptif ditemukan bahwa sikap ilmiah guru dalam kategori tinggi dan kualitas mengajar guru dalam kategori sedang. Hasil uji hipotesis ditemukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan ubahan sikap ilmiah dengan kualitas mengajar guru, yaitu 27% varians kualitas mengajar dapat dijelaskan dengan sikap ilmiah.



DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v21i2.545

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats