PENGARUH PENERAPAN CIRCUIT WIZARD TERHADAP PRESTASI BELAJAR ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL PADA SISWA SMK
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengungkap perbedaan pengaruh pembelajaran berbasis proyek dibanding metode ceramah untuk belajar elektronika analog. Penelitian ini mengambil sampel dari populasinya yaitu 2 Kelas(X TKJ A dan X TKJ B) yang berjumlah keseluruhan 56 Siswa. Hasil penelitian yang dilakukan dengan SPSS 19 membuktikan dengan adanya perolelahan rerata prestasi belajar siswa kelas eksperimen (X TKJ A) sebesar 87,11. Sedangkan kelas kontrol (X TKJ B) sebesar 73,87. Dari uji-t dua pihak yang dilakukan, diperoleh thitung (-13,638) lebih besar dari ttabel (2,052). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan software circuit wizard dalam model pembelajaran berbasis proyek memiliki perbedaan yang signifikan dibanding dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah bermakna dan penugasan.
Keywords
circuit wizard; project based learning; prestasi belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v39i2.7786
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
![](/public/site/images/angger/logo_um_transparancopy.png)