PENGARUH PENERAPAN CIRCUIT WIZARD TERHADAP PRESTASI BELAJAR ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL PADA SISWA SMK

Bagus Prasetyo, Syaad Pathmantara, Ilham Ari Elbaith Zaeni

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengungkap perbedaan pengaruh pembelajaran ber­basis proyek dibanding metode ceramah untuk belajar elektronika analog. Pe­ne­li­ti­an ini mengambil sampel dari populasinya ya­itu 2 Kelas(X TKJ A dan X TKJ B)  yang berjumlah keseluruhan 56 Siswa. Hasil pe­nelitian yang dilakukan dengan SPSS 19 membuktikan dengan adanya perolelahan re­rata prestasi belajar siswa kelas eks­pe­ri­men (X TKJ A) sebesar 87,11. Sedangkan kelas kontrol (X TKJ B) sebesar 73,87. Dari uji-t dua pihak yang dilakukan, diperoleh thitung (-13,638) lebih besar dari ttabel (2,052). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pem­belajaran menggunakan software cir­cuit wizard dalam model pembelajaran berbasis pro­yek memiliki perbedaan yang sig­ni­fikan dibanding dengan pembelajaran meng­gu­na­kan metode ceramah bermakna dan pe­nugasan.

Keywords


circuit wizard; project based learning; prestasi belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v39i2.7786

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats