PERAN STRATEGIS BUKU DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PEMBELAJARAN MEKANIKA DI SMK

Riana Nurmalasari, Marji Marji, Andoko Andoko, Poppy Puspitasari

Abstract


Penyusunan buku teks harus menyesuaikan kurikulum yang ber­laku yaitu ku­rikulum 2013. Realita menunjukkan tidak semua bu­ku memiliki kualitas isi dan ke­se­suaian isi seperti KI dan KD dalam kurikulum. Ba­nyak buku teks yang disusun ti­dak menyesuaikan pendekatan scientific yang berlaku di kurikulum 2013. Kondisi ter­sebut bertentangan denganfungsi buku teks dibuat yaitu untuk menunjang proses bel­ajar sesuai materi KI dan KD yang tercantum dalam kurikulum 2013. Hal tersebut be­lumdipenuhi secara ideal ada beberapa buku teks perlu dikaji ulang.Peningkatan kua­­­litas buku teks, salah satunyabuku Mekanika dan Elemen Mesin SMK Kelas X, per­lu adanya kajian terkait kesesuaian isi buku yang dapat menunjang pem­bel­ajaran de­ngan pendekatan scientific sesuai dengan kurikulum 2013 serta bagaimana se­­­­­­­ha­rus­nya buku disusun dengan menggunakan pendekatan scientific.

Keywords


buku teks; kurikulum 2013; pendekatan scientific

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v39i2.7788

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats