PERAN STRATEGIS BUKU DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PEMBELAJARAN MEKANIKA DI SMK
Abstract
Penyusunan buku teks harus menyesuaikan kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013. Realita menunjukkan tidak semua buku memiliki kualitas isi dan kesesuaian isi seperti KI dan KD dalam kurikulum. Banyak buku teks yang disusun tidak menyesuaikan pendekatan scientific yang berlaku di kurikulum 2013. Kondisi tersebut bertentangan denganfungsi buku teks dibuat yaitu untuk menunjang proses belajar sesuai materi KI dan KD yang tercantum dalam kurikulum 2013. Hal tersebut belumdipenuhi secara ideal ada beberapa buku teks perlu dikaji ulang.Peningkatan kualitas buku teks, salah satunyabuku Mekanika dan Elemen Mesin SMK Kelas X, perlu adanya kajian terkait kesesuaian isi buku yang dapat menunjang pembelajaran dengan pendekatan scientific sesuai dengan kurikulum 2013 serta bagaimana seharusnya buku disusun dengan menggunakan pendekatan scientific.
Keywords
buku teks; kurikulum 2013; pendekatan scientific
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v39i2.7788
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
![](/public/site/images/angger/logo_um_transparancopy.png)