PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA LULUSAN SMA DAN SMK PADA PRODI S1 PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengungkap signifikansi IP rata-rata
matakuliah (prestasi belajar) antara mahasiswa yang berlatar pendidikan SMA dan
SMK dalam hal: (1) matakuliah teori maupun praktikum; dan (2) mahasiswa laki-laki
dan perempuan. Metode kuantitatif dengan rancangan komparatif digunakan dalam
penelitian ini. Sampel penelitian sejumlah 1158 mahasiswa PTI UM tahun angkatan
2007-2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dari pusat TIK UM. Analisis hipotesisnya adalah uji beda dengan rumus anava satu-jalan. Hasil penelitian: (1) tidak ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa berlatar jurusan berbeda; (2) ada perbedaan prestasi belajar matakuliah teori maupun praktikum; dan (3) ada perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v39i2.7789
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
![](/public/site/images/angger/logo_um_transparancopy.png)