SARANA PRAKTIKUM SEBAGAI LINGKUNGAN BELAJAR YANG MENUMBUHKAN ORIENTASI PEMILIHAN PEKERJAAN SISWA SMK

Haris Anwar Syafrudie

Abstract


Orientasi kerja anak dipengaruhi oleh adanya keingintahuan yang di­wu­jud­kan dalam bentuk eksplorasi pada rentang umur 15-24 tahun.Perkembangan orietasi ker­ja dipengaruhi oleh faktor internal seperti kreativitas, bakat, minat, kecerdasarn, dan faktor eksternal seperti teman, keluarga, mediamasa dan sekolah. Praktikum di lab dan bengkel sekolah merupakan sarana siswa memahami dan memperdalam ma­teri, menumbuhkan orientasi kerja siswa. Kondisi lab dan bengkel yang tidak meme­nuhi  syarat minimal gagal menum­buhkan rasa ingin tahu dan orientasi siswa ter­ha­dap orientasi pekerjaan.

Keywords


sarana praktek; orientasi kerja

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v39i2.7790

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats