SARANA PRAKTIKUM SEBAGAI LINGKUNGAN BELAJAR YANG MENUMBUHKAN ORIENTASI PEMILIHAN PEKERJAAN SISWA SMK
Abstract
Orientasi kerja anak dipengaruhi oleh adanya keingintahuan yang diwujudkan dalam bentuk eksplorasi pada rentang umur 15-24 tahun.Perkembangan orietasi kerja dipengaruhi oleh faktor internal seperti kreativitas, bakat, minat, kecerdasarn, dan faktor eksternal seperti teman, keluarga, mediamasa dan sekolah. Praktikum di lab dan bengkel sekolah merupakan sarana siswa memahami dan memperdalam materi, menumbuhkan orientasi kerja siswa. Kondisi lab dan bengkel yang tidak memenuhi syarat minimal gagal menumbuhkan rasa ingin tahu dan orientasi siswa terhadap orientasi pekerjaan.
Keywords
sarana praktek; orientasi kerja
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v39i2.7790
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
![](/public/site/images/angger/logo_um_transparancopy.png)