PENGEMBANGAN BAHAN AJAR K3 DAN HIGIENE SANITASI BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK

Dian Prayogi, Dwi Agus Sudjimat, Rina Rifqie Mariana

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan sebuah bahan ajar dalam ben­tuk buku ajar untuk mata pelajaran K3 dan Higiene Sanitasi yang menggunakan mo­del pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model pengembangan yang di­gu­na­kan didasarkan pada tahap-ta­hap penelitian pengembangan Sukmadinata. Hasil data di­analisis dengan meng­gunakan program SPSS Ver.17 for Windows. Hasil pe­ngem­bang­an menunjukkan bah­wa secara keseluruhan penilaian tentang kelengkapan pe­nya­jian terhadap buku ajar hasil pengembangan berada pada kualifikasi Baik. Ha­sil uji coba produk me­nun­jukkan adanya perbedaan hasil belajar secara signifikan yang di­­tunjukkan dengan ada­nya kenaikan nilai hasil belajar siswa. Hal tersebut me­nun­juk­kan bahwa bahan ajar pengembangan layak untuk digunakan dalam pem­bel­ajaran.

Keywords


pengembangan bahan ajar; K3 dan higine sanitasi; Problem Based Learning

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v40i1.9663

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats