PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KABUPATEN SUMENEP KELAS IV SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU

Moh. Farid Nurul Anwar, Ruminiati Ruminiati, Suharjo Suharjo

Abstract


Student books from the government are less contextual. Therefore, the learning module has an important role as a complement to the shortage. This study aims to produce an integrated thematic learning module based on local wisdom of Sumenep Regency on Class IV subtheme of  Lingkungan Tempat Tinggalku which has a validity and effectiveness. The development model used was Borg & Gall with little modification. The validation test result of material, linguistic and design experts was 76,3%, 92.74%, 82.80%, respectively. The field test results showed the comprehensiveness of affective, psychomotor and cognitive aspect 96.25; 90.27; 89.54, respectively. The results of module research and development in this study indicated that the module had validity and effectiveness, thus it was feasible to use.

Buku siswa dari pemerintah kurang kontekstual. Oleh karena itu, modul pembelajaran memiliki peran penting sebagai pelengkap kekurangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik terpadu berbasis kearifan lokal Kabupaten Sumenep kelas IV subtema Lingkungan Tempat Tinggalku yang memiliki kevalidan dan keefektivan. Model pengembangan yang digunakan yaitu Borg & Gall dengan sedikit modifkasi. Hasil uji validasi ahli materi, bahasa dan desain beturut-turut 76,3%, 92,74%, dan 82,80%. Hasil uji lapangan menunjukkan nilai ketuntasan aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan berturut-turut 96,25; 90,27; 89,54. Hasil penelitian dan pengembangan modul pada penelitian ini menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan memiliki kevalidan dan keefektivan sehingga layak digunakan.


Keywords


thematic learning modules; local wisdom; elemenyary school; modul pembelajaran tematik; kearifan lokal; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Akbar, S., dkk. 2015. Pendidikan Karakter: Best Practices. Malang: Universitas Negeri Malang.

Azizahwati, dkk. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Makalah disajikan pada Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI, Jateng & DIY, 25 April 2015, (Online), (http:// http://hfi-diyjateng.or.id, diakses 6 November 2016).

Depdiknas. 2008. Derektorat Menejemen Pendidikan Dasar dan Menegah. Juknis Pengembangan Bahan Ajar.

Mainuddin, Y, & H. Ary Gunawan. 1980. Sistem Pengajaran Modular (SPM). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Puspita, H. J. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu pada Kelas Vb SD Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (Online), Edisi 9 Tahun ke-5: 884—893, (http://journal.student.uny.ac.id, diakses 6 November 2016).

Rizqi, A.M., Parmin., & Nurhayati, S.2013. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berkarakter Tema Pemanasan Global untuk Siswa SMP/MTs. Unnes Science Education Journal, (Online), 2 (1):203—208, (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej, diakses 11 Mei 2017).

Rosyidah, A.N., Sudarmin., & Siadi, K. 2013. Pengembangan Modul IPA Berbasis Etnosains Zat Aditif dalam Bahan Makanan untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Pegandon Kendal. Unnes Science Education Journal, (Online), 2 (1):133—139, (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej, diakses 11 Mei 2017).

Rozhana, K. M. 2015. Pengembangan Modul Berbasis Potensi Daerah Malang Kelas IV Semester II dengan Tema Tempat Tinggalku. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Sanjaya, W. 2013. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Setyosari, P. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Setyowati, R., Parmin, Widiyatmoko., A. 2013. Pengembangan Modul IPA Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi sebagai Bahan Ajar Siswa SMK N 11 Semarang. Unnes Science Education Journal, (Online), 2 (2):245—253, (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej, diakses 11 Mei 2017).

Sukmadianata, N.S. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Theaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka.

Utari, U., Degeng, I. N. S. & Akbar, S. 2016. Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, (Online), 1 (1):39—44, (http://journal.um.ac.id, diakses 20 Oktober 2016).

Wagiran. 2012. Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana (Identifikasi Nilai-nilai Karakter Berbasis Budaya). Jurnal Pendidikan Karakter, (Online), II (3): 329—339, (http://journal.uny.ac.id, diakses 5 November 2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i10.10059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Moh. Farid Nurul Anwar, Ruminiati Ruminiati, Suharjo Suharjo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License