PENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT

Wawan Suseno, Ipung Yuwono, Gatot Muhsetyo

Abstract


Based on the experience of teaching for at SMPN 01 Bang Haji, there are still many who have difficulty in understanding the two-variable linear equations. This study aims to improve student learning outcomes and students' active learning in the classroom. This type of research is classroom action research (PTK) with two cycles, the first cycle consists of nine meetings, and the second cycle 6 meeting. The subjects were 24 students of class VIII, 6 men and 18 women. Research activities on the 16th of January until 17 March 2017. The learning activities by implementing cooperative learning TGT. The results showed that the application of cooperative learning TGT has been performing very well, active student learning derived from the observation and questionnaires at the high category and good and student learning outcomes reached 87.5% of students had reached a value of ≥ 70.

Berdasarkan pengalaman mengajar di SMPN 01 Bang Haji, ternyata masih banyak yang mengalami kesulitan dalam memahami persamaan linear dua variabel. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa belajar di dalam kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, siklus I terdiri atas 9 pertemuan, dan siklus II 6 pertemuan. Subjek penelitian adalah 24 orang siswa kelas VIII, 6 orang laki-laki, dan 18 orang perempuan. Kegiatan penelitian pada tanggal 16 Januari sampai 17 Maret 2017. Kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT telah terlaksana dengan sangat baik, keaktifan belajar siswa yang diperoleh dari hasil observasi dan angket berada pada kategori tinggi dan baik, hasil belajar siswa mencapai 87,5 % dan telah mencapai nilai ≥ 70.


Keywords


activity of learning; learning outcomes; SPLDV; TGT; keaktifan; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Alep. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis pada Materi Sistem

Persamaan Linear Dua Variabel untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jerowaru. Tesis tidak diterbitkan. Malang:

Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Asmarani. 2014. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan

Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 3 Surakarta Tahun Pelajaran

/2014. Unesa Journal (Online), Vol 4 No 1, (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/3812/0, diakses

Maret 2017).

Anita, L. 2002. Cooperatif Learning: Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Arikunto, S. & Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Boediono, E.E. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 8 SMA Negeri 3 Malang melalui Pembelajaran

Kooperatif Model Teams Game Tournament (TGT) Virtual. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas

Negeri Malang.

Chotima. 2010. Metode Pembelajaran untuk Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rineka Cipta.

Djamarah, S, & Zain, A. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

MacGregor, M & Stacey, K. 1993. Cognitive Model Underlying Student Formulation of Simple Linear Equation. Journal of

Research in Mathematic Education. 24 (3):217—232.

Nugrahini, D. W. 2012. Peningkatan Keaktifan Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual Berbasis Hands on Activity pada

Pembelajaran IPA Tema Pencemaran Air Kelas VII di SMPN 1 Seyegan. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: UNY.

Slamento. 2013. Belajar dan faktor – faktor yang memengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Soedjadi. 1991. Kerawanan Pengajaran Matematika Sekolah Dasar. Makalah IKIP Surabaya. Surabaya: IKIP Surabaya.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sundewi, W & Sri Asri. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN 2 Pupuansawah. UPG Journal (Online),

(http://jurnal.fip.upg.ac.id/index.php/sosant/article/view/347/0, diakses 28 Maret 2017).

Susiyati. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi dan

Hasil Belajar IPS Kelas VIII SMP Negeri 5 Kec. Ponorogo. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas

Negeri Malang.

Sutawidjaja, A. 1997. Pembelajaran Matematika di SD. Jurnal Matematika IPA dan Pembelajarannya 20 (2):175—187.

Tek, O. E. 1998. The Effect Of Cooperative Learning on The Mathematics of Form 4 Studies In Malaysia Secondary School.

Journal of science and mathematics education in southeast Asia. 21 (2):57.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i10.10061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Wawan Suseno, Ipung Yuwono, Gatot Muhsetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License