PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN MENULIS KREATIF CERITA FANTASI UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Anggie Lestantiya Febriyanti, Titik Harsiati, Taufik Dermawan

Abstract


The objectives of this research are: (1) to produce a product of creative fantasy writing task that is feasible in terms of validity, reliability, and practicality of the product, (2) produce a guide for creative writing writing of a feasible fantasy story in terms of validity, reliability and practicality of the product, and (3) to test and describe the results of experimental test of the assessment instrument product of the creative writing skill of a feasible fantasy story in terms of validity, reliability, and the practicality of the product. The method used is 4D Thiagarajan development model which consists of four stages, namely (1) define, (2) design, (3) development, and (4) disseminate. The results showed that the product of creative writing tasks of fantasy stories and guides asasi creative writing fantasy story has qualified feasible and ready to be implemented. This can be seen from the validation test results in the assessment experts, literary learning experts, and product testing on the seventh grade students of SMP.

Tujuan dalam penelitian pengembangan ini, yaitu (1) menghasilkan produk tugas menulis kreatif cerita fantasi yang layak dari segi validitas, reliabilitas, dan kepraktisan produk, (2) menghasilkan panduan asesmen menulis kreatif cerita fantasi  yang layak dari segi validitas, reliabilitas, dan kepraktisan produk, dan (3) menguji dan mendeskripsikan hasil uji coba produk instrumen asesmen keterampilan menulis kreatif cerita fantasi yang layak dari segi validitas, reliabilitas, dan kepraktisan produk. Metode yang digunakan adalah model pengembangan 4D Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap, yaitu (1) penetapan (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), dan (4) penyebarluasan (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk tugas menulis kreatif cerita fantasi dan panduan asemen menulis kreatif cerita fantasi memiliki kualifikasi layak dan siap untuk diimplementasikan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji validasi pada ahli asesmen, ahli pembelajaran sastra, dan uji coba produk pada siswa kelas VII SMP.


Keywords


development; assessment instruments; creative writing; fantasy stories; pengembangan; instrumen asesmen; menulis kreatif; cerita fantasi

Full Text:

PDF

References


Kasmadi. 2015. Pengembangan Perangkat Asesmen Autentik Keterampilan Menulis Kelas VII dalam Implementasi Kurikulum

Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Kemendikbud. 2016. Pedoman Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta: Kemendikbud.

Khoiri, N. 2015. Perangkat Menulis Teks Eksposisi Untuk Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMP. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Lilik, A.N. 2014. Pengembangan Panduan Perangkat Asesmen Otentik untuk Pembelajaran Membaca di SMP. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Mansyur. 2011. Pengembangan Model Pembelajaran Assessment for Learning Pada Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, (Online), 15 (1):71—91, (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/1088/1140, diakses 10 Januari 2017).

Muntasyir, S., Budiyono, & Budi Usodo. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Assessment for Learning (AfL) Melalui Penilaian Teman Sejawat Pada Materi Persamaan Garis Ditinjau dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa MTsN di Kabupaten Sragen. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, (Online), 2 (7): 667—669, (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/4595/3165, diakses 13 Januari 2017).

Nurgiyantoro, B. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa: Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Qostantia, L.N. 2016. Susahkah Menulis Cerita Fabel?. Prosiding Seminar Nasional Appi-Bastra (Asosiasi Pendidik dan Peneliti Bahasa dan Sastra), Surabaya, 24 September.

Siswanto, W. 2014. Cara Menulis Cerita. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i10.10105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Anggie Lestantiya Febriyanti, Titik Harsiati, Taufik Dermawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License