PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK PADA MATERI DAYA ANTIBAKTERI TANAMAN BERKHASIAT OBAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media flipbook materi daya antibakteri tanaman berkhasiat obat, (2) mengetahui kelayakan media flipbook, dan (3) mengetahui keterbacaan media flipbook. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan. Data kelayakan media diperoleh dari angket uji kelayakan yang diisi oleh ahli materi Mikrobiologi, dan ahli media, sedangkan data keterbacaan diperoleh dari angket uji keterbacaan media oleh 15 siswa SMKN 07 Malang, dan praktisi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kelayakan materi oleh validator I sebesar 96,87%, dan validator II sebesar 100% dengan kriteria sangat valid. Persentase rata-rata kelayakan tampilan program oleh ahli media pembelajaran sebesar 92,18% dengan kriteria sangat valid. Persentase rata-rata uji keterbacaan dari siswa sebesar 92,30% dengan kriteria sangat mudah, sedangkan dari praktisi lapangan sebesar 97,72% dengan kriteria sangat mudah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media flipbook sangat layak dan sangat mudah digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Arikunto, S. 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Branch, & Maribe, R. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science & Business Media LCC.
Danim, S. 1995. Media Komunikasi Pendidikan, Pelayanan Profesional Pembelajaran dan Mutu Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartini, S., & Situmorang, J. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) pada Mata Diklat Analisis Mikrobiologi di SMK. Jurnal Teknologi Informasi Unimed, (Online), (http://jurnal.unimed.ac.id/2014/index.php/teknologi/article/viewFile/3298/2966, diakses 28 September 2016).
Hidayati, P.I., 2016. Optimalisasi Pengembangan Blended Learning Berbasis Moodle untuk Matakuliah Mikrobiologi. Jurnal Inspirasi Pendidikan. 6 (2):890—897, (http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/1328/1012, diakses 03 September 2016).
Miarso, Y.H. 1986. Media Pendidikan Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Permendikbud. 2014. Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Rahayu, & Agustiyani, P. 2014. Analisis Kelayakan Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Saraf Manusia bagi Siswa SMA Kelas XI Semester Genap. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sudjana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10156
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Ary Maf’ula, Utami Sri Hastuti, Fatchur Rohman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |