PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK SUBTEMA AYO CINTAI LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS IV SD

Triana Indrawini, Ach. Amirudin, Utami Widiati

Abstract


The purpose of this research is to produce thematic teaching materials supplementary for class IV Subtheme Let Love the Environment, with the material focus on environmental preservation. This research is the research and development with a model Dick and Carey consisting of ten stages. The subjects in this study were students and teachers of grade IV Elementary School Nogotirto. They are 2 students on individual testing, 8 students in the small group trial, and 30 students on field trials. The trial results demonstrate the feasibility of teaching materials is very high. Teaching materials produced had a level of validity by 87.45%, amounting to 94.43% of practicality, and effectiveness of 81.1%.

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suplemen bahan ajar tematik untuk kelas IV Subtema Ayo Cintai Lingkungan, fokus kajiannya materi pelestarian lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Dick dan Carey yang terdiri atas sepuluh tahapan. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV SDN Nogotirto 2 siswa pada uji coba perorangan, 8 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 30 siswa pada uji coba lapangan. Hasil uji coba menunjukkan tingkat kelayakan bahan ajar yang sangat tinggi. Bahan ajar yang dihasilkan memiliki tingkat kevalidan sebesar 87,45%, kepraktisan sebesar 94,43%, dan keefektifan sebesar 81,1%.


Keywords


development of teaching materials; thematic; environment; pengembangan bahan ajar; tematik; lingkungan

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ali, M. 2009. Pendidikan untuk Pembangunan Nasional. Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Anggela, M., Masril & Darvina, Y. 2013. Pengembangan Buku Ajar Bermuatan Nilai-nilai Karakter pada Materi Usaha dan momentum untuk Pembelajaran Fisika siswa Kelas XI SMA. Pillar of Physics Education, Vol. 1, 63—70 (http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/492/281 diakses 4 April 2017)

Chapman, D., & Sharma, K. 2002. Environmental Attitudes and Behavior of Primary and Secondary Students in Asian Cities: An Overview Strategy for Implementing an Eco-schools Programme. The Environmentalist, 21, 265—272. Kluwer Academic Publishers.

Dick, W., Carey, L & Carey, J.O. 2009. The Systematic Design of Instruction (7th Edition). New Jersey: Pearson Educaton, Inc.

Ekawati, E. & Sumaryanta. 2011. Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika SD/SMP. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Fajri, Z. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas II Berbasis Kontekstual Subtema Tumbuhan di sekitarku di SDN Tamanan 2 Bondowoso. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Kadis., Hartono., & Sopyan, A. 2012. Model Pembelajaran Tematik Kontekstual untuk Meningkatkan Kepekaan Lingkungan pada Siswa Kelas Awal. Journal of Primary Education. (Online) 1 (1): 46—50 (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/55, diakses 4 April 2017).

Lundholm, C. 2005,"Learning about environmental issues", International Journal of Sustainability in Higher Education, Vol. 6 Iss 3 pp. 242—253. Emerald Insight.

Mulyati, Y. 2002. Pokok-pokok Pikiran tentang Penulisan Modul Bahan Ajar dan Diklat. Makalah disajikan dalam Pendidikan dan Latihan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Bagi Widyaiswara BPG, PPPG, dan Instruktur, PPPG Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru Bahasa. Jakarta, 15 s.d. 25 Juni.

Nugroho, A. 2008. Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Materi Kubus dan Balok. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pangesti, F., Soeyono & Roekhan. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Berpikir (Kritis dan Kreatif) Berbahasa Indonesia SMA Melalui Pembelajaran Lintas Mata Pelajaran. (Online), (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel285C26E2B1E88FF769234C6254865E8A.pdf, diakses 4 April 2017).

Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Smaldino, S.E., Lowther, D.L & Rusell, J.D. 2011. Instructional Technology & Media for Learnig Upper Sadle Rive. NJ: Pearson Education Inc.

Herman, T. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Cakrawala Pendidikan, 1 (1), 41—62. http://dx.doi.org/10.21831/cp.v1i1.8544

Umamah, N. 2008. Pengembangan Paket Pembelajaran Matakuliah Perencanaan Pembelajaran Bidang Studi pada Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UNEJ dengan Model Dick & Carey. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Triana Indrawini, Ach. Amirudin, Utami Widiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License