PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI PENERAPAN MODEL STAD BERBANTU MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA SD
Abstract
This aim of this research is to describe the application of STAD learning model by drawing series media to improve student’s narrative writting skills. The research uses qualitative method with the type of PTK (Clasroom action research). The result of this research for two cycles is shows increased the results. The everage score of student writing narrative increased from 68 in the first cycle to 76 in the second cycle.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model STAD berbantuan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Hasil penelitian selama dua siklus menunjukkan hasil yang meningkat. Nilai rata-rata siswa menulis narasi mengalami peningkatan dari 68 pada siklus I menjadi 76 pada siklus II.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Huda, M. 2011. Cooperative Learning (Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. 2009. Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Subandi, A, Satrijono, H, Suhartiningsih. 2013. Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Sugestif dengan Media Gambar Seri Siswa Kelas V SDN Arjasa 02 Jembar Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Jember 1024-2001-2-RV
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suparno dan Yunus M. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Cetakan keduapuluh. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tarigan, H.G. 1983. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2009. Model–Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10189
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Moh. Ali Yafi, Anang Santoso, Alif Mudiono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |