PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK TEKNIS KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) UNTUK SANTRI PONDOK PESANTREN

Ida Purwami, Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar, Fatchur Rohman

Abstract


The aims of this research is to develop instructional technique book of KRPL for boarding school. This research using ADDIE development model. This research is development research. Instrument of data collection using questionnaire. Research data are qualitative and quantitative. Subjects of this research are validator of material expert, validator of media expert, field practitioner and boarding school student. The result of this research showed that the development of instructional technique book from media expert is 96,6% (very valid category), material expert is 95,9% (valid category) and field practitioner is 91,7% (very valid category), and preliminary test is 79.4% (quite valid). Based on that results, it can be concluded that the produced instruction technique book of KRPL which is developed is valid and practical, so it can be implemented to the for boarding school.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan produk buku petunjuk teknis KRPL untuk pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan jenis penelitian termasuk penelitian pengembangan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Data penelitian berupa deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu validator ahli materi, ahli media, praktisi lapangan, dan respon santri pada uji coba pendahuluan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan buku petunjuk teknis dari ahli media sebesar 96,6% dengan kategori sangat valid, ahli materi sebesar 95,9% dengan kategori cukup valid, dan ahli praktisi lapangan sebesar 91,7 %  dengan kategori sangat valid, dan uji pendahuluan sebesar 79,4%   dengan kategori cukup valid. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku petunjuk teknis Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang dikembangkan tergolong valid dan praktis sehingga dapat diimplementasikan lebih lanjut kepada santri pondok pesantren.


Keywords


media development; technical manual; islamic boarding school; pengembangan media; buku petunjuk teknis; pondok pesantren

Full Text:

PDF

References


Adekunle, O. O. 2013. The Role of Home Gardens in Household Food Security in Eastern Cape: A Case Study of Three Villages in Nkonkobe Muncipality. Journal of Agricultural Science. 5 (10):67—76, (http://ccsenet.org/journal/index.php/jas/article/view/27277/17938, diakses 25 Mei 2017).

Aji, T. S., & Sholihah, M. 2013. Dampak Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) terhadap Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (Studi Kasus di Desa Pucangsari Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan). Jurnal Agromix. 11(4):1—10.

Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Al-Muhdhar, M. H. I. 2016. Laporan Buku Pedoman Pengembangan Kampung Organik. Laporan Penelitian tidak diterbitkan. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 2014. Kawasan Rumah Pangan Lestari Pekarangan untuk Diversifikasi Pangan. Jakarta: IAARD PRESS.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 2012. Kawasan Rumah Pangan Lestari dan Perkembangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bangka Belitung: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian.

Badan Ketahanan Pangan. 2016. Pedoman Ketahanan Pangan Tahun 2016. Jakarta: Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian.

Branch, R. M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science + Business Media, LLC.

Ferdiana, Al-Muhdar, M.H.I., & Suhadi. 2016. Pengembangan Booklet Program Kawasan Rumah Pangan Lestari dan Pengaruhnya terhadap Pengetahuan Lingkungan Masyarakat di Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (7):1261—1264, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6527/2788, diakses 25 mei 2017).

Kementerian Pertanian. 2012. Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Jakarta.

Mardiana., Al-Mudhar, M. H. I., & Sueb. 2016. Pengaruh Modul Program KRPL Berbantuan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VII SMPN 18 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (1):25—34, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6604/2821, diakses 25 Mei 2017).

Prabowo, R. 2010. Kebijakan Pemerintah Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan di Indonesia. Staf Pengajar Fakultas Pertanian Universitas Wahid Hasyim: Semarang. Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian, 6 (2):62—73.

Putri, N. P. A., Aini, N., & Heddy, Y. B. S. 2015. Evaluasi Keberlanjutan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Desa Girimoyo, Kecamatan Karangploso. Jurnal Produksi Tanaman, 3 (4):1—4.

Rohadi, T., 2014. Mewujudkan Visi, Misi, dan Program Aksi Pemerintahan Baru Bidang Lingkungan Hidup. Jurnal Lingkar Widyaiswara, (Online), 1 (4):10—20, (http://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_10-20.pdf, diakses 25 Mei 2017).

Siberman, M. L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.

Timutiasari, B, Al-Muhdar, M. H.I., & Suhadi. 2016. Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Modul Program KRPL untuk Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan dan Keterampilan Proses Sains Siswa SD Islam Moh. Hatta Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (6):1185—1190, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6472/2751, diakses 25 Mei 2017).

Wahyudi, B. S., Al-Muhdar, M. H. I., & Sueb. 2016. Pengembangan Video Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Serta Pengaruhnya terhadap Motivasi Masyarakat Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (7):1242—1251, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6525/2786, diakses 25 Mei 2017).

Wulandari, V. C. P., Al-Muhdar, M. H. I., Suhadi., Susilowati., & Budiningsih, E. 2016. Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ida Purwami, Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar, Fatchur Rohman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License