PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Yussi Anggraini, Syaad Patmanthara, Purnomo Purnomo

Abstract


This study aims to determine the influence between the learning environment and the discipline of learning on the students' learning outcomes of the competence of industrial electronics skills. Student learning outcomes are used as a benchmark of students' abilities. Student learning outcomes are influenced by several factors: internal and external factors. Many problems found in SMK competence of industrial electronics expertise, among others, about the environment is not conducive and discipline of students who are still low. Population in this research that is class XI program of electronics industry skill as much 228 student and sample amounted to 145 student. Data collection techniques used documentation and questionnaires and data analysis techniques using multiple regression analysis. The results showed that (1) the influence between the learning environment and the learning discipline on the learning outcomes, the magnitude of the effect of 0.541. (2) The influence of the learning environment on learning outcomes significantly with the coefficient of determination of 0.573. (3) The significant effect of learning discipline on learning outcomes of 0.444. Based on the result of the research, it can be concluded that there is a positive and significant influence between the learning environment and the learning discipline of the students' learning achievement of the competence of the electronics industry in SMK Se-Malang Raya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara lingkungan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kompetensi keahlian elektronika industri. Hasil belajar siswa digunakan sebagai tolak ukur kemampuan siswa. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor intern dan ekstern. Banyak ditemukan permasalahan di SMK kompetensi keahlian elektronika industri antara lain tentang lingkungan belajar yang belum kondusif dan kedisiplinan siswa yang masih rendah. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI program keahlian elektronika industri sebanyak 228 siswa dan sampel berjumlah 145 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi dan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya pengaruh antara lingkungan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar, besarnya pengaruh sebesar 0,541. (2) Adanya pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar secara signifikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,573. (3) Adanya pengaruh yang signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,444. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kompetensi keahlian elektronika industri di SMK Se-Malang Raya.


Keywords


learning environment; learning discipline; learning outcomes; lingkungan belajar; disiplin belajar; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraini. 2013. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Daryanto & Darmiatun. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Dimiyati & Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, S. 2003. Pengantar Pendidikan. Surakarta: UNS Pers.

Hamalik, O. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Julianto. 2014. Hubungan antara Kedisiplinan dengan Hasil belajar Siswa SMAN 1 Sampang. Jurnal Pendidikan dan Olahraga. 2 (3):750—752.

Kurniawan. 2007. Pengaruh Motivasi dan Disiplin terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMAN 12 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Latief, A. 2014. Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Peserta Didik di SMK N Paku Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Pepatzdu. 7 (1):13—26

Menrisal. 2014. Kontribusi Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Sistem Operasi Siswa Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Pariaman Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal KomTekInfo Fakultas Ilmu Komputer. 1 (2):77—83.

Minarni. 2006. Pengaruh Disiplin dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII Semester 1 SMPN 11 Semarang Tahun Ajaran 2004/2005. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Muchtar. 2012. Pengaruh Minat dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada Workshop. Jurnal Komputer. 1 (9):291—299.

Permana, H. A. 2015. Pengaruh Self Regulated Learning Lingkungan Keluarga, dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Kelas X SMK Platarcisius Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Analisis Pendidikan Ekonomi. 4 (3):789—802.

Purwanto, N. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosada Karya.

Rahmawati. 2013. Hubungan Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Matapelajaran Sosisologi Siswa Kelas XI IPS SMAN 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Riwayati. 2015. “Pengaruh Fasilitas Belajar, Disiplin belajar, dan Metode Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Salatiga Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: UNS.

Saroni, M. 2006. Manajemen Sekolah Kiat menjadi Pendidik Yang Kompeten. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumiaksara

Sulistyowati, S. 2001. Cara Belajar yang Efektif dan Efisien. Pekalongan: Cinta Ilmu.

Syah, M. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Utami, I. B. 2012. Kontribusi Fasilitas Belajar, Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil BelajarMatematika Sekolah Berbasis ISO di SMKN 1 Purwodadi. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Walgito, B. 2000. Bimbingan dan Konseling (Studi dan karier). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wibowo, A. 2014. Hubungan Antara Motivasi dan Disiplin dengan Prestasi Belajar Siswa SMKN 1 Pracimantoro Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 2 (3):323—332.

Widyaningtyas. 2013. Peran Lingkungan Belajar dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pati. Jurnal Pendidikan Fisika. 1 (1):1—36.

Winalung, A. 2015. Pengaruh Disiplin Belajar, Gaya Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi pada Siswa kelas XI IPS SMA Sholihin Kabupaten Magelang. Jurnal Analisis Pendidikan Ekonomi. 4 (1):185—193.

Zulfadli. 2016. Kontribusi Disiplin Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar KKPI Siswa Kelas X TKJ SMKN 1

Bendahara. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika. 4 (1):63—70.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yussi Anggraini, Syaad Patmanthara, Purnomo Purnomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License