Implementasi Strategi Outdoor Learning Variasi Outbound untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar

Akhmad Riandy Agusta, Punaji Setyosari, Cholis Sa’dijah

Abstract


Abstract: This research describe about how the application of outdoor learning strategy outbound variation to improve the creativity and cooperation. This study uses a classroom action research design. The subjects are 5th-graders students of SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin. The instrument used in this research is the observation sheet of creativity and student cooperation in the learning process. The result show that aplication outdoor learning strategy outbound variation is carried out with good criteria. Application of the solution in this study can improve creativity and cooperation in phases until more than 70% of students get very good creativity criteria and very good cooperation creativity on the last cycle.

Abstrak: Penelitian ini mendeskripsikan penerapan strategi outdoor learning divariasi dengan outbound untuk meningkatkan kreativitas dan kerjasama siswa. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas 5 SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kreativitas dan kerjasama siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan strategi outdoor learning variasi outbound terlaksana dengan maksimal dengan kriteria sangat baik. Penerapan solusi dalam penelitian ini mampu meningkatkan kreativitas dan kerjasama siswa secara bertahap hingga lebih dari 70% siswa memperoleh kriteria kreativitas sangat baik dan kerjasama sangat baik pada akhir siklus penelitian.


Keywords


creativity; cooperation; outdoor learning; outbound; kreativitas; kerjasama; outdoor learning; outbound

Full Text:

PDF

References


Chiu, M. M. (2004). Adapting Teacher Interventions to Student Needs During Cooperative Learning:How to Improve Student Problem Solving and Time On-Task. American Educational Research Journal. http://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.3102/00028312041002365.

Danarti, R. (2014). Perbedaan Hasil Belajar IPS Model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study dengan Konvensional

Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(2), 102—111. Retrieved from

http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/view/4449/931.

Dyah, E. E. (2009). Penerapan Learning Cycle dan Mind Mapping dalam Pembelajaran Persamaan Kuadrat untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karangbinangun. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Negeri Malang, Malang.

Fedorowicz, J., Meléndez, A. P., & Ballesteros, I. L. (2008). Creativity, Innovation, and E-Collaboration. International Journal of e-Collaboration, 4(4), 1—10. DOI: 10.4018/jec.2008100101.

Handini, M. C., & Hasanah, L. N. (2017). The Enhancement Adversity Quotient Through Outbound Play Activities. 3rd International Conference on Early Childhood Education (ICECE-16) (pp. 337-342). Jakarta: Atlantis Press.

Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, M. A. (2011). Pembelajaran Kubus dan Balok dengan Pendekatan RME untuk Menumbuhkan Kreativitas Siswa Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Probolinggo. (Tesis tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Isbayani, N. S., Sulastri, N. M., & Ayu , L. (2015). Penerapan Metode Outbound untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Emosional Anak, 3(1). Diperoleh dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/6148/4331.

Jamil, S. (2016). Permainan Cerdas & Kreatif. Jakarta: Penebar Plus.

Kurniawan, H. (2016). Sekolah Kreatif : Sekolah Kehidupan yang Menyenangkan untuk Anak. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Manafe, Y. Y., Setyosari, P., Kuswandi, D., & Ulfa, S. (2016). Pengaruh Strategi Kerjasama Kelompok dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Keterampilan Teknikal, 4(3), 152—162. Diperoleh dari http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/view/8212/3773.

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurnawati, E., Yulianti, D., & Susanto, H. (2012). Peningkatan Kerjasama Siswa SMP melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physics Educational Journal, 1(1), 1—7. DOI: https://doi.org/10.15294/upej.v1i1.764.

Purnomo, A. (2015). Pengaruh Pembelajaran Outdoor terhadap Pengetahuan, dan Sikap Pelestarian Lingkungan Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1), 37—47. Diperoleh dari http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-geografi/article/view/5010/1764.

Rasweda, V., Sumarmi., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Group Investigation Berbasis Outdoor Study terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 87—93. Diperoleh dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6107/2569.

Rochmah, L. I. (2012). Model Pembelajaran Outbound untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogia, 1(2), 173—188. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.40.

Sani, R. A. (2015). Pembelajaran Saintifk untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Satpathy, I., Patanik, B. C., & Anamika. (2016, Mei). Outbound Training and Its Influence on Behavioral Skills : An Overview. International of Research in IT & Management, 6(5), 115—124.

Setyosari, P. (2009). Pembelajaran Kolaborasi : Landasan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial, Rasa Saling Menghargai dan Tanggung Jawab. Pidato Guru Besar dalam Bidang Ilmu Teknologi Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.

Stenberg, R. J. (2012). The Assessment of Creativity: An Investment-Based Approach. Creativity Research Journal, 24(1), 3—12. https://doi.org/10.1080/10400419.2012.652925.

Tasker, T. Q., & Herrenkohl, L. R. (2016). Using Peer Feedback to Improve Students’ Scientific Inquiry. Journal Science Teacher Education, 27, 35—59. DOI https://doi.org/10.1007/s10972-016-9454-7.

Vera, A. (2012). Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Yogyakarta: Diva Pers.

Widiasworo, E. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Akhmad Riandy Agusta, Punaji Setyosari, Cholis Sa’dijah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License