Implementasi Metode Kepramukaan (Studi Kasus Pembinaan Pramuka Penggalang Berprestasi Di Kwarcab Kabupaten Malang)

Risa Durrotun Nailiyah, Umi Dayati, Ellyn Sugeng Desyanty

Abstract


Abstract: This study aims to determine the implementation of scouting methods on guidance scout for achievers in Malang kwarcab. This research uses qualitative method with case study design. The research subjects are scout leader, headmaster (mabigus), Gudep scout member 22099—22100 and Gudep 05111—05112 and staff of Kwarcab Malang Regency. Data were collected using observation, interview and documentation techniques. The results showed that the scouting methods used were eight, namely: (1) the practice of scout codes of honor, (2) learning by doing, (3) team system, (4) challenging and interesting activities, (5) outdoor activities, (6) partnerships with adult members, (7) sign systems of skill, and (8) separate unit systems for sons and daughters.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode kepramukaan pada pembinaan pramuka penggalang berprestasi di kwarcab Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitiannya yaitu pembina pramuka, mabigus, anggota pramuka Gudep 22099— 22100 dan Gudep 05111—05112 serta pengurus Kwarcab Kabupaten Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kepramukaan yang digunakan ada delapan yaitu: (1) pengamalan kode kehormatan pramuka, (2) belajar sambil melakukan, (3) sistem beregu, (4) kegiatan yang menantang dan menarik, (5) kegiatan di alam terbuka, (6) kemitraan dengan anggota dewasa, (7) sistem tanda kecakapan, dan (8) sistem satuan terpisah untuk putra dan putri. 


Keywords


scouting methods; scout riders; achievements; metode kepramukaan; pramuka penggalang; prestasi

Full Text:

PDF

References


Azwar, A. (2012). Mengenal Gerakan Pramuka. Jakarta: Erlangga.

Bogdan, R. C., & Bilken, S. K. (2007). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methode. Boston, MA: Pearson.

Creswell, J. W. (Ed). (2015). Penelitian Kualitatif & Desai Riset: Memilih Diantara Lima Pendekatan, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Ismail. (2009). Andragogi (Pendidikan Orang Dewasa). Bandung: Alfabeta.

Kristiadi, A. (2014). Ensiklopedia Praja Muda Karana: Mengenal Gerakan Pramuka dan Kepanduan Jilid 1. Surakarta: Borobudur Inspira Nusantara.

Marzuki, S. (2009). Dimensi-dimensi Pendidikan Nonformal. Malang: FIP UM.

Riani, L. A. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Masa Kini. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soekanto, S. (1990). Sosiologi Keluarga: Tentang Ikhwal Keluarga, Anak, Dan remaja. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiartuti, S. (2005). Pembelajaran Pramuka bagi Pelajar Kejar Paket B (Studi Kasus: Partisispasi Warga Belajar terhadap Pembelajaran Kejar Paket B setara SLTP di SKB Kabupaten Situbondo). (Tesis tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman, A. (1999). Efektivitas Model Pelatihan Prinsip Dasar dan Metodik Pendidikan Kepramukaan bagi Pramuka Penggalang.

Willis, S. (2014). Remaja & Masalahnya: Mengupas berbagai Bentuk Kenakalan Remaja Narkoba, Sex, dan Pemecahannya. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Risa Durrotun Nailiyah, Umi Dayati, Ellyn Sugeng Desyanty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License