Efektivitas Media Audio-Visual Berbasis Example Non Example terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi

Dian Ristiani Sabat, Yes L. Malaikosa

Abstract


Abstract: This study aims to determine the effectiveness of audio-visual media based example non example on the ability of critical thinking Student of Biology Education Studies Program STKIP Soe. This research uses experimental approach, by conducting trials in two experimental classes and group selection is done by purposive sampling. This study can also compare with Class A and Class B on pre- and posttest one-group pretest-treated conditions. Based on the Independent T-Test test of pretest and posttest value, t-count shows 5,185 with p <0.05 so it can be concluded that the difference of pretest and posttest value hence experiment class has significantly improvement compared to control class.

Abstrak: Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  efektivitas media audio-visual berbasis example non example terhadap kemampuan berpikir kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Soe. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, dengan melakukan uji coba pada dua kelas eksperimen dan pemilihan kelompok dilakukan secara purposive sampling. Penelitian ini juga dapat membandingkan dengan antara kelas A dan Kelas B pada keadaan sebelum dan sesudah diberi perlakuan one- group pretest-posttest. Berdasarkan uji Independent T-Test nilai pretest dan postest, t-hitung menunjukkan 5.185 dengan p<0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan nilai pretest dan postest maka kelas eksperimen memiliki peningkatan secara signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol.


Keywords


audio-visual media; example non example; critical thinking skills; media audio-visual; example non example; kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1), 40-45. Diperoleh dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/3909.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Ennis, H. R. (2011). The Nature of Critical Thinking : An Outline of Critical Thinking Dispositions. University of Illinois, 1–8.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Johnson, E. B. (2008). Contextual Teaching & Learning. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menenggah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan, (Standar Penilaian Pendidikan), 1–234. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Liberna, H. (2012). Membangun Interaksi Edukatif yang Bernilai Normatif melalui Pengajaran Berbasis Aktivitas. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 149–157. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.96.

Nuswowati, M., Binadja, A., Efti, K., & Ifada, N. (2010). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Koloid di Kelas XI MIA 2 SMAN 1 Pekanbaru, (1), 566–573.

Rasul, S., Bukhsh, Q., & Batool, S. (2011). A Study to Analyze the Effectiveness of Audio Visual Aids in Teaching Learning Process at University Level. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 28, 78–81. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.016

Rokhman, F., Hum, M., Syaifudin, A., & Yuliati. (2014). Character Education for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years). Procedia-Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197.

Roudhotul, F., Erviyenni., & Linda, R. (2016). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Koloid Penggunaan Media Audio Visual, 1–13.

Sabat R. D., Setiat N., I., & Indriyanti D. R. (2015). Pengembangan Pembelajaran Bermodelkan Example Non Example Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa, 44(April), 24–32.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supandi., & Farikhah, L. (2014). Analisis Butir Soal Matematika pada Instrumen Uji Coba Materi Segitiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JIPMat), 1(1), 71–78. DOI 10.26877/jipmat.v1i1.1085.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dian Ristiani Sabat, Yes L. Malaikosa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License