Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keterlaksanaan Unit Produksi SMK pada Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di Kota Malang

Moh. Alif Hidayat Sofyan, Muladi Muladi, R. M. Sugandi

Abstract


Abstract: This study discusses related to the implementation of SMK production units in Malang. The activities of the production unit consist of planning, execution, and evaluation. The purpose of this study is to know the dominant factors that affect the implementation of production units with data processing using factor analysis. The results showed that the dominant factors affecting the implementation of production units are shown by factor 1 with a total of 63.602% explained variants. Factors in it are producers of production activities, integration with learning resources, as a place of industrial practice and entrepreneurship, distributed profit management, production activity guidance, distribution of marketing tasks, facilities and production activities, marketing work program, and marketing form.

Abstrak: Penelitian ini  membahas terkait keterlaksanaan unit produksi SMK di Kota Malang. Kegiatan unit produksi terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor dominan yang memengaruhi keterlaksanaan unit produksi dengan pengolahan data menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor dominan yang memengaruhi keterlaksanaan unit produksi ditunjukkan oleh faktor pertama dengan total varian yang bisa diterangkan sebesar 63,602%. Muatan faktor didalamnya yaitu pelaksana kegiatan produksi, integrasi dengan sumber belajar, sebagai tempat praktik industri dan wirausaha, pengelolaan profit terdistribusi, pedoman kegiatan produksi, pembagian tugas pemasaran, sarana dan prasaran kegiatan produksi, program kerja pemasaran, serta bentuk pemasaran.


Keywords


unit production; planning, execution, evaluation; factor analysis; dominant factors; unit produksi; perencanaan, pelaksanaan, evaluasi; analisis faktor; faktor dominan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Indonesia. (2017). Tingkat Pengangguran Terbuka per Februari 2017. Badan Pusat Statistik Indonesia. Diperoleh dari https://www.bps.go.id.

Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kota Malang. (2016). Jumlah Penduduk Kota Malang. Dispendukcapil Kota Malang. Diperoleh dari dispendukcapil.malangkota.go.id.

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Manajemen Unit Produksi/Jasa sebagai Sumber Belajar Siswa dan Penggalian Dana Pendidikan Persekolahan.

Departemen Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional . Diperoleh dari www.kemdikbud.go.id.

Direktorat Pembinaan SMK. (2016). Kehadiran SMK di Kota Malang. Direktorat Pembinaan SMK. Diperoleh dari http://datapokok.ditpsmk.net.

Maghfiroh, D. N. (2015). Manajemen Unit Produksi di Sekolah sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(6), 583–590. Diperoleh dari http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/15-Dina.pdf.

Nawawi, H. (2006). Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pujianto. (2003). Strategi Pemasaran Produk melalui Media Periklanan. Desain Komunikasi Visual, 5(1), 1 Januari.

Ratimah. (2016). Manajemen Kegiatan Praktik Unit Produksi pada Sekolah Menengah Kejuruan Kelompok Bisnis dan Manajemen Se-Kota Malang. Jurnal Hanata Widya, Agustus, 12–22. Diperoleh dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipmp/article/viewFile/2947/2549.

Rusnani. (2012). Pelaksanaan Unit Produksi/Jasa pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kelompok Bisnis dan Manajemen. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2 (3), 338–354. Diperoleh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1041/841.

Sarwono, J. (2015). Rumus-Rumus Populer dalam SPSS 22 untuk Riset Skripsi. Yogyakarta: Andi.

Usman, H. (2007). Manajemen Sekolah yang Efektif. Jurnal Pendidikan Inovatif, 3 (11), 1–6.

Usman, M. U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i5.10980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Moh. Alif Hidayat Sofyan, Muladi Muladi, R. M. Sugandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License