Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar

Muhammad Hilal Hidayat, Imam Agus Basuki, Sa’dun Akbar

Abstract


Abstract: This research describes the implementation of school literacy action in SDN 2 Sitirejo and SDN 4 Panggungrejo. Type of research used is qualitative approach to case study research design. Instruments used in this research are interview, observation, and documentation study guidences. The result of the research shows that the implementation of school literacy action in both of the schools has not been implemented optimally because it still has some inhibiting factors that are still less resolved so it does not have a positive impact on the passion of reading students, it is indicated from the less visible reading activity reading books by students while in school.

 Abstrak: Penelitian ini mendeskripsikan mengenai pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN 2 Sitirejo dan SDN 4 Panggungrejo. Jenis penelitian yang dipilih yaitu pendekatan kualitatif desain penelitian studi kasus. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan GLS di dua sekolah tersebut belum terlaksana secara optimal karena masih memiliki beberapa faktor penghambat yang masih kurang teratasi sehingga belum memiliki dampak yang positif terhadap gairah membaca siswa, hal tersebut terindikasi dari kurang terlihatnya aktivitas membaca buku bacaan oleh siswa selama berada di lingkungan sekolah.


Keywords


school literacy action; gerakan literasi sekolah

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. dkk. (2015). Pendidikan Karakter: Best Practices. Malang: Universitas Negeri Malang.

Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Jurnal Libria IAIN Purwokerto, 9(1), 13–26.

Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Apandi, I. (2017). Benarkah Literasi Sekolah Mengalami Stagnasi? Retrieved from https://www.kompasiana.com/idrisapandi/benarkah-gerakan-literasi-sekolah-mengalami-stagnasi_58dee2db2f7a61cf0574e30e.

Endaryanta, E. (2017). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen Kalam Kudus dan SD Muhammadiyah Suronatan. Jurnal Kebijakan Pendidikan UNY, VI(7), 732–744.

Faizah, D. U. dkk. (2016). Pedoman Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hayat, B., & Yusuf, S. (2011). Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, F. (2017). Peran Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca dan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal JPSD STKIP Sebelas April Sumedang, 3(1), 42–52.

IEA, A. R. (2012). International Annual Report. Retrieved from https://www.iea.org/publications/freepublications/publication/IEA_Annual_Report_publicversion.pdf.

Kasiun, S. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca sebagai Sarana untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia (JPI), 1(1), 79–95.

Kemendikbud. (2015). Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kern, R. (2000). Literacy & Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Miles, Mattew B. & Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Munimah. (2017). Manajemen Program Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa (Studi Multi Kasus pada SD dan MTs di Kabupaten Pasuruan. Universitas Negeri Malang.

Muslim, S. B. (2010). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesional Guru. Bandung: Alfabeta.

OECD. (2016). Reading Performance PISA 2015. Retrieved from https://data.oecd.org/pisa/reading-performance-pisa/

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.

Wicaksono, G. (2011). Kiat Praktis Menanamkan Kegemaran Membaca Kepada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Buku Biru.

Wiedarti, P. dkk. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wulandari, R. (2017). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lukman Al Hakim Internasional. Jurnal Kebijakan Pendidikan UNY, VI(3), 319–330.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i6.11213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Muhammad Hilal Hidayat, Imam Agus Basuki, Sa’dun Akbar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License