Kontribusi Konsep Diri dan Prestasi Belajar terhadap Employability Skills Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Informatika

Fikha Rizky Aullia, Muladi Muladi, Syaad Patmanthara

Abstract


Abstract: This research was aimed to know the contribution given by each variable to S1 Informatics Engineering students. These variables are self-concept and learning achievement on student employability skills in S1 Informatics Engineering Study Program. This research is a type of quantitative research. The population used amounted to 111 students in class 2014. Data collection in the study used a questionnaire. The research conducted is the type of associative explanatory research. The results of the study show that (1) The student's self concept contributes significantly to the results of the student's employability skills, which is 51.2% and (2) learning motivation contributes significantly to student employability skills, which is 23.3%.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumbangan yang diberikan setiap variabel kepada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika. Variabel tersebut adalah konsep diri dan prestasi belajar terhadap employability skills mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan berjumlah 111 mahasiswa angkatan 2014. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan angket. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian eksplanasi asosiatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep diri mahasiswa berkontribusi secara signifikan pada hasil employability skills mahasiswa sebesar 51,2%, dan (2) motivasi belajar berkontribusi secara signifikan terhadap employability skills mahasiswa sebesar 23,3%.

Keywords


self concept; learning achievement; employability skills; konsep diri; prestasi belajar; employability skills

Full Text:

PDF

References


Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djamarah, dkk. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwija, I. W. (2008). Hubungan Antara Komsep Diri, Motivasi Berprestasi, dan Perhatian Orangtua dengan Hasil Belajar Sosiologi pada Siswa Kelas II Sekolah Menengah Atas Unggulan di Kota Amlapura. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undiksha, 1(41),1-17.

Ermawati, E., & Indrayati, E.P. (2011). Hubungan Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Jurnal Spirits, 2(1), 1-12.

Fugate, M., Kinicki, A. J., & Ashforth, B. E. (2004). Employability: A psychosocial construct, its dimensions, and applications. Journal of Vocational Behavior, 1(65), 14-38.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hartuti, P.M. (2015). Peranan Konsep Diri, Minat, dan Kebiasaan Belajar Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 5(2), 91-99.

Irawan, S. (2017). Pengaruh Konsep Diri terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. Scholaria, 7(1), 39-48.

Irwansyah, B. (2013). Analisis Kesiapan Mahasiswa Alumni Program Studi Pendidikan Matematika Stain Zawiyah Cot Kala Langsa Menjadi Guru Matematika. Jurnal Prosiding SNYuBe.

Jamaludin, A., Mazila, G., & Aminuddin. (2011). The relationship between self concept and response towards student’s academic achievement among students leaders in Universitu Putra Malaysia. International Journal of Instruction, 4(2), 1308-1470.

Juson, R., Ziyae, B., Asimiran, S., & Kadir, S. A. (2011). Entrepreneur Training Needs Analysis: Implications On The Entrepreneurial Skills Needed For Successful Entrepreneurs. International Business & Economics Research Journal, 10(1), 142-148.

Murtiningsih, Y. J., Susilaningsih., & Sohidin. (2014). Pengaruh Penguasaan Materi Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) dan Praktik Program Pengalaman Kapangan (PPL) terhadap Kesiapan Kerja. Jurnal Pendidikan, 2(3), 323-337.

Pawellangi, M. F. (2015). Pengembangan Model Pemetaan Kompetensi Guru TIK Berdasarkan Hasil UKG sebagai Dasar Penentuan Jenis Pendidikan dan Latihan Berkelanjutan pada SMK. Disertasi tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Purwanto, N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rachman, H. A. (2009). Dimensi Kecakapan Individu (Life Skill) dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(2), 19-26.

Rasul, M. S., Raul, R. A. A., Mansor, A. N., & Puvanasvaran, P. (2012). Employability Skills Assessment Tool Development. Internasional Education Studies, 5(5), 43-56.

Rizawati. (2017). Hubungan antara Interaksi Edukatif Guru dengan Hasil Belajar Siswa Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah, 2(1), 113-130.

Rothwell, A., & Arnold, J. ( 2007). Self-perceived Employability: Development and Validation of a Scale. Personnel Review, 36(1), 23-41.

Saputro, N. D. & Suseno, M.N. (2010). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Employability pada mahasiswa. Jurnal Psikohumanika, 3(1), 21-30.

Satriyatma, A. (2012). Hubungan antara Pengalaman Praktik Kerja Industri, Sikap Mandiri dan Prestasi Belajar Bidang Produktif dengan Kesiapan Kinerja pada Siswa Kelas XI Program Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK N 6 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Soemanto. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sonhadji, A. (2013). Manusia Teknologi dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suarta, I., M. (2012). Hubungan Sistem Pembelajaran, Lingkungan Belajarm Konsep Diri dan Pengembangan Employability Skills Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan, 12, 24-4.

Sudirwan, J., &Pangestu, H. (2015). Kesiapan Dosen untuk Mengembangkan Keterampilan Kerja, Studi Kasus pada Binus University. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta: 28 Maret 2015.

Sunardi. (2016). Kontribusi Implementasi Pendekatan Saintifik, Iklim Kelas, dan Konsep Diri terhadap Penguasaan Kompetensi Kejuruan dan Dampaknya pada Employability Skills. Tesis tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Sunarti, Nazriati, E., & Risma, D. (2016). Gambaran Konsep Diri dan Komunikasi Interpersonal pada Dokter Muda Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Jom FK, 3(1), 1-9.

Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Surasmi, W. S. (2016). Pemanfaatan Multimedia untuk Mendukung Kualitas Pembelajaran. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (VIII). Universitas Terbuka Cinvention Center: 26 November 2016.

Suryabrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.

Valentine, J.C, Dubois, D.L., & Cooper, H. (2004).The Relation Between Self-Belief and Academic Achievement: A Meta-Analytic Review. Education Psycologist, 39(2), 111-133.

Ward, V.G., & Riddle, D.I. (2004). Maximazing Employment Readiness.

Widiyastutik, D . (2013). Persepsi Guru dan Siswa tentang Profil Mahasiswa PPL (Praktik Pengalaman Lapangan). Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(2), 49-57.

Yara, P. O. (2010). Student’s self-concept and mathematics achievement in some secondary schools in southwestern Nigeria. European Journal of Social Sciences,13(1), 127-132.

Yusutria. (2017). Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia. Jurnal Curricula, 2(1), 38-46.

Yuzarion. (2017). Faktor yang Memengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 107-117.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fikha Rizky Aullia, Muladi Muladi, Syaad Patmanthara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License