Bahan Ajar Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi

Amay Unggu Anggria, Dawud Dawud, Imam Agus Basuki

Abstract


Abstract: This development research aims (1) to produce instructional material to write a text of report on observations that are feasible in terms of content by covering aspects of identifying and constructing the text of the observation report and (2) testing the effectiveness of teaching materials to write the text of the observation report. The research-development method was adapted from Borg and Gall's model. Product feasibility test results are include 82% content, 82% systematic presentation, 83% language feasibility, and 85% display feasibility. The results of the test of the effectiveness of the product are known p = 0.000 (p <0.01). Thus the product has a significant influence on the learning result of  report on observation text writing.

Abstrak: Penelitian pengembangan ini bertujuan (1) menghasilkan bahan ajar menulis teks laporan hasil observasi yang layak dari segi isi, meliputi aspek mengidentifikasi dan mengonstruksi teks laporan hasil observasi dan (2) menguji keefektifan bahan ajar menulis teks laporan hasil observasi. Metode penelitian pengembangan diadaptasi dari model Borg dan Gall. Hasil uji kelayakan produk meliputi kelayakan isi 82%, kelayakan sistematika penyajian 82%, kelayakan bahasa 83%, dan kelayakan tampilan 85%. Hasil uji keefektifan produk diketahui nilai p = 0.000 (p < 0.01). Dengan demikian, produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi.


Keywords


teaching materials; text reports on observations; writing learning; bahan ajar; teks laporan hasil observasi; pembelajaran menulis

Full Text:

PDF

References


Anderson, M., & Anderson, K. (1997). Text Types in English 2. Melbourne: Mac Millan Education.

Anditasari, R., Martutik., & Andajani, K. (2018). Pengembangan Media Berbasis Permainan Edukatif pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 107—114.

Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto dan Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dewi, H. G., Suwignyo, H., & Maryaeni. (2018). Bahan Ajar Menulis Teks Fabel Bermuatan Nilai Kehidupan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(8), 1032—1038.

Firdian, F., & Maulana, I. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Matakuliah Aplikasi Software. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 822—828.

Kemendikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/MA/SMK/MAK. Jakarta: kemendikbud.

Kemendikbud. (2017). Bahasa Indonesia: MA/SMK/MAK. Jakarta: Kemendikbud.

Kapitan, Y. J., Harsiati, T., & Basuki, I. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter di Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 100—106

Khoirotunnisa, R. P., Hasanah, M., & Dermawan, T. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Bemuatan Nilai Budaya dengan Strategi Pohon Kata untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 238—244.

Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks: Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Bandung: Darma Widya.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Listiani, I. (2018). Efektivitas Lembar Kerja untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Penelitian, 35(1), 17—26.

Perwitasari, S., Wahjoedi., & Akbar, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(3), 278—285.

Prayoga, E. A., Suwignyo, H., & Mudiono, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi melalui CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Berbantu Video pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 115—120.

Priyatni, E. T. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Teks. Makalah Disajikan dalam Kegiatan Prapasca, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Malang, 15 Agustus 2015.

Purwanti. (2013). Let’s Write English Text. Klaten: Citra Aji Parama.

Romadhon, S., Dawud., & Basuki, I. A. (2018). Bahan Ajar Menulis Artikel Opini dengan Pembelajaran Curah Gagasan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 215—222.

Yuniawan, T. (2016). Model Wacana Berwawasan Nilai-nilai Konservasi Berbasis Ekolinguistik sebagai Pengayaan Materi

Ajar Matakuliah Pendidikan Lingkungan Hidup. Junal Pendidikan Penelitian, 33(2), 189—195.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Amay Unggu Anggria, Dawud Dawud, Imam Agus Basuki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License