Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas III

Puji Rahayu Ningsih, Arif Hidayat, Sentot Kusairi

Abstract


Abstract: This research was aimed to determine the improvement of the result of critical thinking skills and student learning outcomes when applied Problem Based Learning model on Theme 7 Energy and It’s Changes. This research is a Classroom Action Research which carried out 3 cycles and each cycle was held as many as 2 times meeting. The subjects of this study are the
grade students, consisting of 9 male students and 12 female students SDI Klojen Kidul in the second semester of the academic year 2017/2018. Data from this research were obtained from tests, observations, and field notes. The results of this research dicate an increase in critical thinking ability from 63.49% in the cycleI to 76.98% in cycle II and increased to 84.12% in cycles III. Attitude learning outcames increased from 47,62% in cycle I to 85,71%, in cycle II and at cycle III 95,23%. Knowledge learning outcames increased during learning three cycles, in cycle I 47,62%, at cycle II 76, 19%, and at cycle III 80,95%. Skill learning outcame have a significant improvement in cycle II. In the first cycle of 52.38%, cycle II 95.21%, and cycle III 76.19%.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa saat diterapkan model Problem Based Learning pada Tema 7 Energi dan Perubahannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan SDI Klojen Kidul pada semester II tahun pelajaran 2017/2018. Data dari penelitian ini diperoleh dari tes, observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dari 63,49% pada siklus I menjadi 76,98% pada siklus II dan meningkat menjadi 84,12% pada sikus III. Hasil belajar sikap meningkat dari 47,62% pada siklus I menjadi 85,71%, pada siklus II, dan pada siklus III 95,23%. Hasil belajar pengetahuan meningkat selama belajar tiga siklus, pada siklus I 47,62%, pada siklus II 76, 19%, dan pada siklus III 80,95%. Hasil belajar keterampilan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II. Pada siklus I sebesar 52,38%, siklus II 95,21%, dan  siklus III 76,19%.


Keywords


problem based learning; critical thinking; learning outcames; problem based learning; berpikir kritis; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Akinoglu, O., & Tandogan, R. O. (2007). The Effect of Problem-Based Learning in Science Education on Students’Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(1), 71—81 (http://www.ejmste.com/v3n1/EJMSTEv3n1Akinoglu.pdf

Arends, R. (2012). Learning to Teach Nine Edition. New York: Mc Graw Hill.

Bassham, G.(2010). Critical Thinking A Student’s Introduction. New York: Connect Learn.

Daryanto., & Racmawati, T. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, S., Sumarni., & Amirudin, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V SDN Tangkil 01 Wlingi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 281—288.

Fathurohman, M. (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kalimedia.

Hidayat, I., Thowaf, S. M., & Ruminiati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Scrip Berbantuan Mind Map untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(4), 562—568.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Husen, A., Indriwati, S. E., & Lestari, U. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA melalui Implementasi Problem Based Learning Dipadu Think Pair Share. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(6), 853—860.

Kauchak, D., & Eggen, P. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir Edisi Keenam. Satriyo Wahono. Jakarta: PT Indeks.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.( 2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 SD Kelas IV. Jakarta: Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan.

Khosy, V. (2005). Action Research for Improving Practice. London: Paul Chapman Publishing.

Maliki, Al. I. M., Hidayat, A., & Sutopo. (2017). Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Topik Suhu dan Kalor melalui Pembelajaran Cognitive Apprenticeship. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(2), 304—308.

Marlina., Utaya, S., & Yuliati, L. (2017). Pengaruh Autentic Problem Based Learning (aPBL) terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11), 1500—1514.

Masidja, I. (1995). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Purwanto, W., Djatmika, E. T., & Hariyono, W. (2016). Penggunan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1700—1705.

Sari, P. N., Budijanto., & Amirudin, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu dengan Number Head Together terhadap Kemampuan Metakognisi dan Keterampilan Berpikir Kritis Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 440—447.

Slavin, R. E. (2009). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.

Sumitro, A., Setyosari, P., & Sumarmi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1188—1195.

Wibowo, A., Suwono, H., & Listyorini, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Field Investigation (PBFI) terhadap Kemampuan Bertanya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1071—1076.

Wood, C.K.; Smith, H.; Grossniklaus, D. (2001). Piaget’s Stages of Cognitive Development. Retrieved from http://www.coe.uga.edu/epltt/piaget.htm

Yanuarta, L., Gofur, A., & Indriwati, E. S. (2017). Pengembangan Karakter dan Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Pembelajaran Think Talk Write Dipandu Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(2), 192—198.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Puji Rahayu Ningsih, Arif Hidayat, Sentot Kusairi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License