Pelaksanaan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Tematik

Yuris Indria Persada, Ery Tri Djatmika, I Nyoman Sudana Degeng

Abstract


Abstract: This study aims to give information related to the implementation of scientific approach in thematic instruction integrated to Curriculum 2013 at Elementary School stage. Several aspects in the implementation of scientific approach are as follows: (1) planning the scientific lesson, (2) teaching and learning process, (3) evaluating, and (4) valuing the lesson using scientific approach in thematic instruction. This is a qualitative method research using case study approach. The data analysis used several instruments such as data reduction, data presentation, and verification. The result of this study showed that the implementation of scientific approach met several obstacles.

Abstrak: Penulisan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang penerapan pendekatan scientific dalam pembelajaran tematik terpadu pada kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Pelaksanaan pendekatan scientific, yakni pada aspek-aspek (1) perencanaan pembelajaran scientific, (2) proses pembelajaran, (3) evaluasi, dan (4) kebermaknaan pembelajaran dengan pendekatan scientific dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data hasil penelitian ini diolah dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran scientific terdapat beberapa kendala.

Keywords


scientific approach; thematic learning; 2013 curriculum; pendekatan scientific; pembelajaran tematik; kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Aisyah, D. W., Gipayana, M., & W, E. T. D. R. W. (2016). Mengembangkan Kebermaknaan Belajar dengan Rancangan Pembelajaran Tematik Bercirikan Quantum Teaching. 1–8.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Hamrin, M., & Melanie Toth. (2012). Pembelajaran Aktif yang Menginspirasi:Buku Pegangan Lengkap untuk Masa Kini. (Alih Bahasa: Bethari Anissa Ismayasari). Jakarta: PT. Indeks.

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34–49.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Indriani, F. (2015). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 Pada. Junal Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 87–94.

Junaidi, & Aprison, W. (2017). Pendekatan Saintifik: Melihat Arah Pembangunan Karakter dan Peradaban Bangsa Indonesia. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 12(2), 507–532. https://doi.org/10.21274/epis.2017.12.2.507-532

Mukhlis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena, IV(20), 63–76. https://doi.org/10.1002/pro.215

Raharjo, H. P. (2014). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Membentuk Karakter Positif Anak. Journal of Physical Education, Health, and Sport, 1(1), 48–59.

Rahmah, N. (2018). Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.54

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sa’adah, M., & Mawardi. (2019). Peningkatan Kebermaknaan dan Hasil Belajar Siswa melalui Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Alternatif Berbasis Projek pada Siswa Kelas 5 A. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 1–14.

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Setiawan, D. (2017). Pendekatan Saintifik dan Penilaian Autentik untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Agama Islam. Al-ASASIYYA: Journal of Basic Education, 01(02), 34–46.

Sufairoh. (2017). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Bahastra, 37(1), 89. https://doi.org/10.26555/bahastra.v37i1.5641




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yuris Indria Persada, Ery Tri Djatmika, I Nyoman Sudana Degeng

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License