Pengaruh Pembelajaran Model Problem Based Learning Dipadu Team Assisted Individualization terhadap Keterampilan Metakognitif

Din Hadi Shofyan, Aloysius Duran Corebima, Fatchur Rohman

Abstract


Abstract: This study aims to reveal the effect of the PBL model combined with TAI on metacognitive skills. This quasi-experimental research uses a Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Data collection techniques through pretest and posttest. Data were analyzed with the help of SPSS 23 for Windows to determine the effect of the PBL model combined with TAI on metacognitive skills. The results showed that the students' metacognitive skills learned through the PBL model combined with the TAI were significantly higher than through the PBL, TAI and conventional models. The average difference in the PBL model combined with TAI to PBL was 7.38%, PBL combined TAI to TAI was 28.42%, and PBL was combined with TAI to conventional by 29.93%.

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengungkap pengaruh PBL dipadu TAI terhadap kemampuan metakognitif. Penelitian jenis kuasi eksperimen ini menggunakan rancangan Pretes-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Data didapatkan dari nilai pretes dan postes. Analisis data menggunakan uji ANAKOVA dan LSD. Hasil penelitian menunjukkan, keterampilan metakognitif peserta didik melalui pembelajaran PBL dipadu TAI secara signifikan lebih tinggi dibanding melalui model PBL, TAI dan konvensional. Rerata selisih beda model PBL dipadu TAI terhadap PBL sebesar 7,38%, PBL dipadu TAI terhadap TAI sebesar 28,42%, dan PBL dipadu TAI terhadap konvensional sebesar 29,93%.

Keywords


problem based learning; team assisted individualization; metacognitive skills; problem based learning; team assisted individualization; keterampilan metakognitif

Full Text:

PDF

References


Anisah, Sumarmi, & Astina, I. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338

Antika, L. T., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Biologi berbasis Reading-Concept Map-Jigsaw terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Malang. Symposium on Biologi Education, 150–156.

Aprilia, F., & Sugiarto, B. (2013). Keterampilan Metakognitif Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolis Garam. Unesa Journal of Chemical Education, 2(3), 36–41.

Ardila, C. (2013). Hubungan Keterampilan Metakognitif terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) di SMAN 9 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Basith, A., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2014). Hubungan Antara Keterampilan Metakognitif Dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas X pada Penerapan Strategi Problem-Based Learning dan Reciprocal Teaching di SMA Brawijaya Smart School Malang. Proceeding Biology Education Conference, 11(1), 818–824.

Corebima, A. D. (2016). Pembelajaran Biologi di Indonesia Bukan Untuk Hidup. Seminar Nasional XIII Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya di Pendidikan Biologi FKIP UNS, 13(1), 8–22.

Degeng, I. N. S. (1989). Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Emily, R. L., & Michaele, V. (2012). No Title. National Council on Measurement in Educatioan: Vancouver, B.C.

Fauziyah, D. R., Aloysius, D. C., & Zubaidah, S. (2013). Hubungan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Retensi Siswa Keas X dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Think Pair Share di SMA Negeri 6 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (January), 1–16.

Firda, A. (2016). Penerapan Model Team Assisted Individualization Dipadu Problem Based Learning Disertai Penyusunan Portofolio untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep, Sikap Spiritual, dan Keterampilan Siswa Kelas XI MIA 4 SMAN 6 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Murdock, J., & Bennet, B. (1962). The Serial Position Effect of Free Recall. Journal of Experimental Psychology, 64(5), 482–488.

Nurisya, K., Corebima, A. D., & Rohman, F. (2017). Analisis Perbandingan Hubungan Antara Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar dan Retensi Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi Berbasis PBL. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(2), 246–251.

Peters, M. (2000). Does Constructivist Epistemology Have a Place in Nurse Education? Journal of Nursing Education, 39(4), 70–166.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sholihah, M., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2015). Keterampilan Metakognitif Siswa SMA Negeri Batu Pada Mata Pelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi / IPA dan Pembelajarannya, 1(4), 1669–1676.

Sulistyani, N. (2012). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Dipadukan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Siswa SMPN 2 Sentolo Kelas IXA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FPMIPA UNY, 65(2), 978–979.

Suratno. (2010). Pemberdayaan Keterampilan Metakognisi Siswa dengan Strategi Pembelajaran Jigsaw-Reciprocal Teaching (JIRAT). Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 150–156.

Trilling, B., & Fadel, C. (2012). No Title21st Century Skills : Learning for Life in Our Times. New York City: John Wiley & Sons Inc.

Usman, A. A., Hala, Y., & Pagarra, H. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Metakognisi, Motivasi, dan Kesiapan Mental dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Gowa. Journal of Biological Education, 2(1), 47–56.

Watson, G., & Glaser, E. M. (1980). Watson-Glaser critical thinking appraisal. New York City: The Psychological Corporation.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17. https://doi.org/10.1021/acs.langmuir.6b02842




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i5.13476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Din Hadi Shofyan, Aloysius Duran Corebima, Fatchur Rohman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License