Handout Biologi Berbasis Potensi Lokal Pantai Ujong Blang untuk Siswa SMK Perairan dan Kelautan

Dini Annisha, Ibrohim Ibrohim, Fatchur Fatchur Rochman

Abstract


Abstract: The aim of the paper is to know the validity and practicality of handout biology based on local potential of Ujong Blang beach. This study adapted the ADDIE model of research & development. The validity of handout is known from the experts’ validation score, while the practicality is known from the student's response. The results showed that the validation scores of media and material experts and practitioners had a high level of validity value (mean> 90) so that was categorized as highly valid. While the test readability by students also showed highly valid level of the handout validity Based on the results, it can be concluded that the biology handout based on local potential of Ujong Blang Beach developed more feasible to implement in class XI of SMK in the learning process to improve critical thinking skills, conceptual understanding, and environmental attitude.

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan handout biologi berbasis potensi lokal pantai Ujong Blang. Penelitian ini mengadaptasi model penelitian & pengembangan ADDIE. Kevalidan handout diketahui dari skor validasi para ahli, sedangkan kepraktisan diketahui dari respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor validasi ahli media, ahli materi dan praktisi lapangan memiliki tingkat nilai validitas tinggi (rerata > 90) sehingga dikategorikan sangat valid. Sementara itu, uji keterbacaan oleh siswa juga menunjukkan tingkat nilai validitas sangat valid terhadap handout. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa handout biologi berbasis potensi lokal pantai Ujong Blang yang dikembangkan layak diimplementasikan lebih lanjut kepada siswa kelas XI SMK dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, pemahaman konsep, dan sikap peduli lingkungan.

Keywords


handout; local potential; biology handout; potensi lokal; biologi;

Full Text:

PDF

References


Akbar. S. (2013). Instrument Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Anisa, A., Suryadarma, G. P., Wilujeng, I., & Prasetyo, Z. K. (2016). Improving Students’ Entrepreneurial Attitude Through Local Potential Pottery and Furniture of Jepara. Proceeding of 3Rd International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Science Yogyakarta, 7–16.

Arvinda, C. L., Ibnu, S., & Sutrisno. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konseptual dengan Inkuiri Terbimbing Dipadu Pelatihan Metakognisi pada Materi Kelarutan dan Ksp. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(1), 12–21.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad 21. Jakarta.

Dahlia, Ibrohim, & Mahanal S. (2018). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP menggunakan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Sumber Belajar Hutan Wisata Baning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 188–194.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Effiong, O. E., & Igiri, C. E. (2015). Impact of Instructional Materials in Teaching and Learning of Biology in Senior Secondary Schools in Yakurr LG A. International Letters of Social and Humanistic Sciences, 62, 27–33. https://doi.org/10.18052/www.scipress.com/ILSHS.62.27.

Glynn, S. M., & Muth, K. D. (1994). Reading and Writing to Learn Science: Achieving Scientific Literacy. Journal of Research in Science Teaching, 31(9), 1057–1073. https://doi.org/10.1002/tea.3660310915.

Hanif., Ibrohim., & Rohman, F. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2163–2171.

Hermawati, Y., Hastutui, U. S., & Lukiati, B. (2017). Pengembangan Handout Biologi SMA Pembuatan Nata Sari Buah Nangka. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1212–1214.

Hurd, P. D. H. (1998). Scientific Literacy: New Minds for a Changing World. Journal Science Education, 82(3), 408-416.

https://doi.org/10.1002.

Johnson, K. (2015). Behavioral Education in the 21st Century. Journal of Organizational Behavior, 35(1), 135-50. http://dx.doi.org/10.1080/01608061.2015.1036152.

Kemendikbud. (2016 a). Materi Pokok Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas: Jakarta.

Kusumaningtias, D. A., Kurniawan, E. S., & Ashari. (2014). Pengembangan Handout Berbasis Multiple Intelligence untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Wonosobo Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Jurnal Radiasi, 5(2), 80–84.

Libbrecht, P. (2015). Adaptations to a Learning Resource. Journal Acta Didactica Napocensia, 2(1), 67–74.

Mikits, J. (2009). The Use Classroom Handouts: United States Military Academy. New York.

Mardikaningtyas, A. D., Ibrohim., & Suarsini, E. (2016). Pengembangan Pembelajaran Pencemaran Lingkungan Berbasis Penelitian Fitoremediasi untuk Menunjang Keterampilan Ilmiah, Sikap Peduli Lingkungan dan Motivasi Mahasiswa pada Matakuliah Dasar-Dasar Ilmu Lingkungan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 499–506.

Nerita, S., Hartati, Y. S., Maizeli, A., & Afza, A. (2006). Practicality of Handout Based on Guided Discovery Method in Process Evaluation and Learning Outcomes of Biology. Journal of Physics: Conference Series, 1–4. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022081.

Novak. J. D. (2011). A Theory of Education: Meaningful Learning Underlines the Constructive Integration of Thingking, Feeling, and Acting Leading to Empowerment for Commitment and Responsibility. Meaningful Learning Review, 6(2), 1–14. https://doi.org/10.1080/0305764X.2017.1356267.

Novitaningrum, M., Parmin., Pamelasari, S. D. (2014). Pengembangan Handout IPA Terpadu Berbasis Inkuiri pada Tema Mata untuk Kelas IX Siswa MTs Al-Islam Sumurejo. Unnes Science Education Journal, 3(2), 542–548. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/usej.v3i2.3349.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 A Tahun 2013. Peraturan Menteri tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016.Peraturan Menteri Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia: Jakarta.

Prastowo, A. 2016.Pengembangan Bahan Ajar Tematik Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.

Retnoningrum A., Dasna W. I., Santoso, A., (2016). Penggunaan Pendekatan Saintifik Dalam Bahan Ajar Berbantuan Multimedia Materi Konsep Larutan SMK Agribisnis Produksi Tanaman. Prosiding Semnas Pendidiikan IPA Pascasarjana UM, 1(1), 542–548.

Roll, I., Butler, D., Yee, N., Welsh, A., Perez, S., Briseno, A., Bonn, D. (2017). Understanding The Impact of Guiding Inquiry: The Relationship Between Directive Support, Student Attributes, and Transfer of Knowledge, Attitudes, and Behaviours in Inquiry Learning. Journal: Instructional Science, 46(1), 1–28. https://doi.org/10.1007/s11251-017-9437-x.

Sakraida, T. J., & Draus, P. J. (2006). Quality Handout Development and Use. The Journal of Nursing Education, 44(7), 326–329.

Sribekti, A., Hidayat, A., Dasar, P., & Malang, P. N. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Selorejo Menggunakan Perangkat Pembelajaran Ekosistem. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(8), 1575–1580.

Susilo, M. J. (2014). Analisis Potensi Sumber Belajar IPA (Biologi) SMP pada Materi Pencemaran Air di Sungai Winongo sebagai Pendukung Penerapan Kurikulum 2013 di Kabupaten Bantul. JUPEMASI-PBIO, 1(1), 176–178.

Subamia, I. D.P., Sriwahyuni, I. G. A. N., Widiasih, N. N. (2017). Pengembangan Perangkat Praktikum Berorientasi Lingkungan Penunjang Pembelajaran IPA SMP Sesuai Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(2), 675–685. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i2.6064.

Turner, R. C., Keiffer, E. A., & Salamo, G. J. (2017). Observing Inquiry-Based Learning Environments Using the Scholastic Inquiry Observation Instrument. International Journal of Science and Mathematics Education, 16(8),1–24. https://doi.org/10.1007/s10763-017-9843-1.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Wulandari, S., Suarsini, E., & Ibrohim. (2016). Pemanfaatan Sumber Belajar Handout Bioteknologi Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa S1 Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 881—884.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i5.13571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dini Annisha, Ibrohim Ibrohim, Fatchur Fatchur Rochman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License