PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS LAPORAN PENELITIAN BERBASIS PENGAYAAN SKEMATA BACAAN

Nova Kristian, Suyono Suyono, Sunaryo Sunaryo

Abstract


The purpose of this development research is to produce learning material which consist of writing research reports for junior high school students. This developing gives result achieving proper of content, presentation, language, display and create learning material effectivitically for learning. In order to achieve the purpose, the researcher used Borg and Gall (1979). The result developing learning material is achieving proper of content, presentation, language, display and create learning material effectivitically for learning.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk bahan ajar menulis laporan penelitian untuk siswa kelas VII SMP/MTs. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan isi, sajian, bahasa, dan kegrafikaan bahan ajar yang layak serta menghasilkan bahan ajar yang efektif untuk pembelajaran.Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakanlah desain pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall (1979). Hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar ini berupa produk yang isi, sajian, bahasa, dan kegrafikaannya layak untuk pembelajaran serta efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran.


Keywords


developing; learning material; writing research reports; schemata enrichment reading; pengembangan; bahan ajar; menulis; laporan penelitian; skemata bacaan

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, C. 2011. Menulis dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfakta.

Borg, W.K. & Gall, M.D. 1979. Educational Research. New York: Longman, Inc.

Buzan, T. 2002. Mindmap. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Depdiknas. 2006. Standar Isi. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP).

Depdikbud. 1993. Garis-garis Besar Program Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Gramedia.

Depdiknas. 2013. UU Pendidikan PP No 32 Tahun 2013 Tentang SNP. Yogyakarta: Pustaka Mahardika.

Depdiknas. 2014. Himpunan Lengkap UU Sisdiknas. Yogyakarta: Saufa.

Farris, P.J. 1993. Language Arts: A Process Approach. Australia: Brown and Benchmark Publishers.

Harsiati dan Imam, A.B. 2011. Penilaian Berbasis Kelas. Malang: UM Press.

Kusumah, W. 2012. Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi. Jakarta: PT Indeks.

Lengkanawati, N.S. 1990. Aspek Logika dan Aspek Linguistik dalam KetrampilanMenulis. Bandung: FPS IKIP Bandung

Lindsay dan Paul, K. 2006. Learning and Teaching English a Course for Teachers. UK: Oxford University Press.

Nurgiyantoro. 2010. Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Nurhadi. 2009. Pembelajaran Kontekstual. Surabaya: Jepe Press Media Utama.

Pannen, P dan Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: PAU-PPAI.

Puskurbuk. 2013. Instrumen Penilaian Buku Panduan Guru Pelajaran Bahasa Indonesia Kelompok Peminatan Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah, (online) (http://puskurbuk.net/web13/), diakses 11 Juli 2014.

Puskurbuk. 2013. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia Kelompok Peminatan Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah, (online) (http://puskurbuk.net/web13/), diakses 11 Juli 2014.

Sapta, A. 2009. Pengembangan Bahan Ajar, (Online), (http://andy-sapta.blogspote.com/2009/01/pengembangan-bahan-ajar-5.html, diakses 14 Januari2013).

Setyosari, P. 2001. Rancangan Pembelajaran Teori dan Praktik. Malang: Elang Mas.

Suyitno, I. 2011. Memahami Tindakan Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Suyono dan Imam, A.B. 1995. Dasar-dasar Pendekatan. Komunikatif dan Pemahaman Kurikulum 1994 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Malang: IKIP Malang.

Wahab dan Lestari. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License