DEFRAGMENTING STRUKTUR BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERTIDAKSAMAAN EKSPONEN

Fitri Kumalasari, Toto Nusantara, Cholis Sa'dijah

Abstract


The aim of this study is to describe the thinking structure students’ error related to solve inequality exponent problem and the effort of defragmenting. The subject of this study is student of X class SMAN 6 Malang which learned this material. The subject choose considered procedural error and their communication skill. The thinking structure students’ error found from think out loud result in a process to solve inequality exponent problem. The obtained data will code and be based to describe defragmenting process. The founding of this study is the thinking structure students’ error such as misgeneralization, misidentification, overspecialization, and repair theory. Defragmenting create disequilibration, conflict cognitive, and scaffolding.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang kesalahan struktur berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah pertidaksamaan eksponen serta upaya defragmentingnya. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas X SMAN 6 Malang yang telah menempuh materi pertidaksamaan eksponen. Subjek penelitian dipilih dengan mempertimbangkan kesalahan prosedural yang dilakukan siswa ketika menyelesaikan masalah serta kemampuan komunikasi yang baik agar pengungkapan proses berpikir dapat dilakukan dengan baik. Kesalahan struktur berpikir siswa ditelusuri dari hasil think out loud siswa selama proses penyelesaian masalah pertidaksamaan eksponen. Data yang diperoleh kemudian dikodekan dan dijadikan dasar untuk menggambarkan proses defragmenting yang dilakukan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kesalahan prosedural siswa dalam menyelesaikan masalah pertidaksamaan eksponen, antara lain berupa misgeneralization, misidentification, overspecialyzation, dan repair theory. Defragmenting yang dilakukan peneliti adalah menciptakan disequlibrasi, conflict kognitif, dan scaffolding.


Keywords


defagmenting; thinking structure; inequality exponen problem defragmenting; struktur berpikir; masalah pertidaksamaan eksponen

Full Text:

PDF

References


Agustinsa. 2014. Defragmenting Proses Berpikir Melalui Pemetaan Kognitif (Cognitive Mapping) untuk Memperbaiki Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Proporsi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Elbrink, M. 2008. Analyzing and Addressing Common Mathematical Errors in Secondary Education. B. S. Undergraduate Mathematics Exchange, Vol.5, No.1.

Hiebert, J. & Carpenter T. P. (Ed.). 1992. Learning and Teaching with Understanding. In D. Grouws. Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning (pp. 65—97). New York: Mac Millan.

Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hudojo, H. 2005. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

McKay, M. & Fanning, P. 2000. Self esteem 3rd edition. Canada: New Harbinger Publications, Inc.

NCTM. 2000. Principles and Standard for School Mathematics. Reston: NCTM.

Sakif. 2014. Defragmenting Proses Berpikir Melalui Pemetaan Kognitif untuk Memperbaiki Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Selvera, N.R. 2013. Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Menurunkan Keyakinan Irasioanal pada Remaja dengan Gangguan Somatisasi. Jurnal Sains dan Praktik Psikologi, 1 (1): 63—76.

Siswono, T. Y. E. 2002. Proses Berpikir Siswa dalam Pengajuan Soal. Jurnal Nasional Matematika, Jurnal Matematika atau Pembelajarannya, (7): 44—50.

Subanji. 2015. Teori Kesalahan Konstruksi Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2008. Model Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Wibawa. 2014. Defragmenting Proses Berpikir Melalui Pemetaan Kognitif untuk Memperbaiki Berpikir Pseudo Siswa dalam Memecahkan Masalah Limit Fungsi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Young, R dan O’Shea, T. 1981. Errors in Children’s Subtraction. Cognitive Science. 5 (2): 152—177.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License