ANATOMI DAUN GALUR-GALUR HARAPAN KEDELAI (GLYCINE MAX L. MERILL) TAHAN CPMMV (COWPEA MILD MOTTLE VIRUS) SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Irwan Wijaya, Siti Zubaidah, Heru Kuswantoro

Abstract


Learning source is the whole thing that can be used in the learning process includes person, environment, objects, messages, tools, and materials that used as information to assist in the learning process and the learning objectives. The aim of this study was to introduce the anatomical characteristics of the 10 CpMMV- resistance soybean lines derived from the soybean crosses that could be use as learning source. The research was conducted at Jambegede Research Station, Indonesian Legume and Tuber Crops Research Institute, Malang, and Laboratory of Genetics, State University of Malang  for observing the anatomy of soybean  leaf. Results showed that the existence of a difference in the average number of stomata and the number trichomes on the upper surface and lower surface leaf of soybean lines that could be use as source of learning.

Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan dalam proses belajar meliputi orang, lingkungan, benda, pesan, alat, dan bahan yang dijadikan sebagai informasi untuk membantu dalam proses belajar dan mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penulisan ini untuk mengenalkan karakter anatomi 10 galur harapan kedelai tahan CpMMV dari hasil persilangan yang dapat dijadikan sumber belajar. Penelitian ini dilakukan di Kebun Percobaan Jambegede, Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi, Malang, dan Laboratorium Genetika Universitas Negeri Malang untuk pengamatan anatomi daun kedelai. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan rata-rata jumlah stomata dan jumlah trikoma pada permukaan atas dan permukaan bawah daun galur kedelai yang dapat dijadikan sumber belajar.


Keywords


anatomy; soybean; CpMMV; learning resource; anatomi; kedelai; CpMMV; sumber belajar

Full Text:

PDF

References


Haryanti, S. 2010. Jumlah dan Distribusi Stomata pada Daun Beberapa Jenis Tanaman Dikotil dan Monokotil. Buletin Anatomi dan Fisiologi, 18 (2): 21—28.

Hayat, M., Anggraini, S., dan Redjeki, S. 2011. Pembelajaran Berbasis Praktikum Pada Konsep Invertebrata Untuk Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Bioma, 1(2): 141—152.

Irwan, A.W. 2006. Budidaya Tanaman Kedelai (Glycine max (L.) Merill). Jatinangor: Universitas Padjadjaran.

Jaya. 2015. Perbandingan Karakteristik Stomata Daun Pohon Leguminosae Di Hutan Kota Universitas Hasanuddin dan di Jalan Tamalate Makassar. (Online), http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/13229/Jurnal.pdf), diakses November 2015.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kompetensi Dasar Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan. (Online), (https://denstea.files.wordpress.com/2013/05/kurikulum-silabus-agribisnis-tanaman-_rev-14052013_.pdf), diakses November 2015.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. (Online), http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wamendik.pdf), diakses Januari 2016.

Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Liandiani. 2014. Pengembangan Sumber Belajar. (Online), (http://sumsel.kemenag.go.id/file/dokumen/pengambangan/sumber

belajar/pdf), diakses April 2016.

Margunayasa, G.I., dan Riastini, P.N. 2014. Pengaruh Petunjuk Praktikum IPA Bermuatan Perubahan Konseptual Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Pada Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3 (1): 348—358.

Maryati dan Susilo, J. S. 2014. Identifikasi Potensi Sumber Belajar Biologi SMA Kelas X di Sekitar Goa Jepang Kabupaten Bantul untuk Materi Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Semak. JUPEMASI-PBIO, 1(1): 117—120.

Setyaningrum, R., Sriyono, dan Ashari. 2013. Efektivitas Pelaksanaan Praktikum Fisika Siswa SMA Negeri Kabupaten Purworejo. Jurnal Radiasi, 3(1): 83—86.

Suharsono. 2009. Hubungan Kerapatan Trikoma dengan Intensitas Serangan Penggerek Polong Kedelai. Jurnal Penelitian Pertanian Tanaman Pangan, 28 (3): 176—182.

Tambaru, E., Umara, M.R., Latunra A.I., dan Sulaeman, M. 2014. Peranan Stomata Bambu Betung Dendrocalamus Asper (Schult F.) Backer Ex Heyne Sebagai Pengabsorpsi Karbon Dioksida di Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Alam dan Lingkungan, 5(10): 52—57.

Widjajanti, E., Marfuatun., dan Utomo, P. 2011. Upaya Peningkatan Pemahaman Konseptual dan Keterampilan Proses Ilmiah Mahasiswa Pada Praktikum Kimia Fisika II Melalui Model Daur Belajar 7E. Makalah diseminarkan pada Seminar Nasional Kimia, Jurusan Pendidikan, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta pada 26 November 2011.

Winarti, T. dan Nurhayati, S. 2012. Pembelajaran Praktikum Berorientasi Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8 (2): 1409—1420.

Wulandari, V.C.P., Masjhudi, dan Balqis. 2014. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Hayati, 2 (2): 1—8.

Zubaidah, S., Corebima, A. D., dan Kuswantoro, H. 2010. Pembentukan Varietas Unggul Kedelai Tahan CpMMV (Cowpea Mild Mottle Virus) Umur <80 Hari Berdaya Hasil Tinggi (Potensi Hasil >2,5 T/HA) dan Kehilangan Hasil <10%. Ringkasan Eksekutif Hasil-hasil Penelitian Tahun 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License