PENGARUH LATAR BELAKANG TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS IV SDN KECAMATAN SANANWETAN KOTA BLITAR

Tety Nur Cholifah, I Nyoman Sudana Degeng, Sugeng Utaya

Abstract


This study aims to determine (1) the effect of parental educational level background on student learning outcomes, (2) the influence of learning styles on student learning outcomes, (3) the effect of background levels of parental education and learning style of the student learning outcomes. Collecting data using documentation and questionnaires from 251 students and analyzed with descriptive and quantitative techniques. The results of the study are (1) there is a positive and significant influence between parental educational level background on learning outcomes of students with the R value of 67.6%, (2) there is a positive and significant influence between the learning styles on student learning outcomes with value R 66.0 %, (3) there was a significant influence between the background and parents' education level and learning style of the student learning outcomes 56.3%, while the remaining 43.7% is influenced by other factors not examined.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh latar belakang tingkat pendidikan orangtua terhadap hasil belajar siswa, (2) pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa, dan (3) pengaruh latar belakang tingkat pendidikan orangtua dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner dari 251 siswa dan dianalisis dengan teknik deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara latar belakang tingkat pendidikan orangtua terhadap hasil belajar siswa dengan nilai R 67,6%, (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar siswa dengan nilai R 66,0%, (3) ada pengaruh dan signifikan antara latar belakang tingkat pendidikan orangtua dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa 56,3%, sedangkan sisanya yaitu 43,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.


Keywords


background level parent education; learning styles; learning outcomes; latar belakang tingkat pendidikan orangtua; gaya belajar; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ary, D., Jacobs, L. C., Razavieh, A. 2002. Introduction to Research in Education 6^thed. USA: Wadsworth Thomson Learning.

DePorter, Bobbi & Hernacki, Mike. 1999. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

DePorter, B; & Hernacki, M. 2000. Quantum Learning; Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

DePorter, B; & Hernacki, M. 2001. Quantum Learning. Bandung: Mizan Media Utama.

Haditono, S. R. 1979. Achievement Motivation, Parent’s Educational Level and Child Rearing Practice in Four Occupational Groups.Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

McNeal, R. B. 2014. Parent Involvement, Academic Achievement and the Role of Student Attitudes and Behaviors as Mediators. Journal of Educational Research, (Online), 2(8): 564—576, (http://www.hrpub.org), diakses 31 November 2015.

Nadhiroh, N.S. 2009. Pengaruh Gaya Belajar (Learning Style) dan Lingkungan BelajarTerhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang Tahun Ajaran 2009/2010. (Online), (http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ekonomi-pembangunan/article/view/5340), diakses 15 September 2015.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ramlah., Firmansyah, Dani., & Zubair, Hamzah. 2014. Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika ( Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Solusi, 1 (3): 68—75.

Ruslamiarti. F. R. 2013. Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 17 Kota Bengkulu. Tesis tidak diterbitkan: Bengkulu: Fakultas Ilmu Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Santrock, J. W. 2012. Life-span Development. 〖13〗^th Edition. University of Texas, Dallas: Mc Graw-Hill.

Sari, N. P. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tesis tidak diterbitkan: Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: AlFABETA.

Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulistyaningsih, S. Kesiapan Bersekolah Ditinjau dari Jenis Pendidikan Pra Sekolah Anak dan Tingkat Pendidikan Orangtua. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, (Online), 1 (1): 01—07, (http://www.usu.ac.id), diakses 02 September 2015.

Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Tanta. 2010. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Biologi Umum Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Cenderawasih. Jurnal Kependidikan Dasar, 1 (1):1—15.

Widodo, Ariyo. 2015. Hubungan Tingkat Pendidikan Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa SD Kelas V. (Online), (http://uny.ac.id), diakses 12 September 2015.

Winarsunu, T. 2004. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Abadi.

Winkel, W. S. 1991. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Grasindo.

Wulandari, A.Y. 1995. Keluarga dan Perubahan Sosial. Jurnal Ilmu Pendidikan, 29 (2): 461—68.

Wulandari, S. 2014. Hubungan Tingkat pendidikan Orangtua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V A di SDN Rejondani Madurejo Prambanan Sleman Yogjakarta Semester 1 tahun Pelajaran 2012/2013. (Online), (http://posyandu.org/psikologi-anak/549-faktor-prestasi-belajar-nak.html), diakses 12 September 2015.

Yuliana. 2014. Pengaruh Tingkat Pendidkan Orangtua dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 3 Wadaslintang Wonosobo. (Online), (http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/oikonomia/article/view/1152), diakses 15 September 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License