PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS READING-CONCEPT MAP-COOPERATIVE SCRIPT (REMAP-CS)

Zenia Lutfi Kurniawati, Siti Zubaidah, Susriyati Mahanal

Abstract


The aims of this study are to explore the effect of Reading-Concept Map- Cooperative Script (Remap-CS) towards metacognitive skills and cognitive learning outcomes on highschool students. This research used Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Metacognitive skills obtained from the essay test that is integrated with the cognitive achievement test. The test results were then analyzed with Anacova. The results of this experiment showed that Remap-CS can enhance metacognitive skill and cognitive learning outcomes.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Reading-Concept Map-Cooperative Script (Remap-CS) terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Data keterampilan metakognitif diperoleh dari hasil tes essay yang terintegrasi dengan tes hasil belajar kognitif. Hasil tes selanjutnya dianalisis dengan teknik Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Remap-CS berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa.


Keywords


metacognitive skills; cognitive learning outcomes; Remap-CS; keterampilan metakognitif; hasil belajar kognitif

Full Text:

PDF

References


American Association of Colleges of Teacher Education and the Partnership for 21st Century Skills (P21). 2010. 21st Century Knowledge And Skills In Educator Preparation. (Online), (http://www.p21.org/storage/documents/aacte_p21_whitepaper2010.pdf), diakses 25 Januari 2015.

Amnah, S. 2009. Pengaruh Pembelajaran Think Pair Share, Jigsaw, Kombinasi dengan Strategi Metakognitif, dan Kemampuan Akademik terhadap Kesadaran Metakognitif, dan Hasil Belajar Biologi Siswa di SMA Negeri Kota Pekanbaru Riau. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Antika, L. T. 2015. Hubungan Antara Minat Baca, Keterampilan Metakognitif, dan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Think Pair Share (TPS). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Boleng, D. T. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script dan Think-Pair-Share terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Sosial, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Multietnis. Jurnal Pendidikan Sains, 2 (2) : Hal 76—84.

Corebima, A. D. 2009. Metacognitive Skill Measurement Integrated in Achievement Test. (Online), (http://www.recsam.edu.my/cosmed/cosmed09/AbstractsFull/Papers2009/Abstract/Science%20Parallel%20PDF/Full%20Paper/01.pdf), diakses 26 Juni 2015.

Dinnurriya, M. S. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Numbered Heads Together (Remap NHT) Terhadap Minat Baca, Kemampuan Metakognitif, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Edmondson, K. M. & Smith, D. F. (1996). Concept map to Facilitate Veterinary Students’ Understanding of Fluid and Electrolyte Disorders. Makalah diseminarkan pada Annual Meeting of the American Education Research Association. New York.

Eggen, P. dan Kauchak, D. 1996. Strategies for Teachers. Boston: Allyn and Bacon

Hasan, A. 2014. Implementasi Model Pembelajaran Reading Map Student Teams Achievement Divisions Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X IPA SMA Insan Cendekia Shalahudin Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Hrbákováa, K., Vávrovác, S, & Hladíkb, J. 2012. The Relationship Between Locus of Control, Metacognition, and Academic Success. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69 (-): Hlm. 1805—1811.

Hussain, I. dan Munshi, P. 2011. Identifying Reading Preferences of Secondary School Students. Creative Education, 2 (5): 429-434.

Jacobs G. M. Lee, G.S. & Ball, J 1996 Learning Cooperative Learning via Cooperative Learning. A Sourcebook of Lesson Plans for Teacher Education on Cooperative Learning. Singapore. SEAMEO Regional Language Center.

Kim, K. & Choi, J. 2014. The Relationship between Problem Solving Ability, Professional Self Concept, and Critical Thinking Disposition of Nursing Students. International Journals of Bio-Science and Bio-Technology, 6(5): Hlm. 131—142.

Livingston, J. A. 1997. Metacognition: an Overview. (Online), (http://gse.buffalo.edu/fas/shuell/cep564/metacog.htm), diakses 14 Juli 2015.

Kayashima, M. dan Inaba, A. 2004. The Model of Metacognitive Skill and How to Facilitate Development of the Skill. (Online). (http://www.ei.sanken.osaka-u.ac.jp/pub/ina/kaya-icce03.pdf.), diakses 14 Juli 2015.

Pangestuti, A. A., Mistianah, Corebima, AD., dan Zubaidah, S. 2015. Using Reading-Concept Map-Teams Games Tournament (Remap-TGT) to Improve Reading Interest of Tenth Grade Student of Laboratory Senior High School State University of Malang. American Journal of Educational Research, 3 (2): 250—254.

Pangestuti, A. A., Susilo, H., dan Zubaidah, S. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading – Concept Map –Teams Games Tournaments Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X IPA 4 SMA Laboratorium UM. Makalah disajikan pada Seminar Nasional XI bertema Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya di Universitas Sebelas Maret pada tanggal 7 Juni 2014.

Sholihah, M., Zubaidah, S., Mahanal, S. 2015. Keterampilan Metakognitif Siswa SMA Negeri Kota Batu pada Matapelajaran Biologi. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional dan Workshop Nasional Biologi dan Pembelajarannya ke-2. Jurusan Biologi FMIPA UM. Malang, 16—17 Oktober 2015.

Slavin, R.E.2005. Cooperatif Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Terjemahan Oleh Narulta Yusron. Bandung: Nusa Media.

Suryani, N.K., Atmaja, INB., & Natajaya, I.N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Sosiologi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Amlapura. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan, 4 (-): -.

Warouw, ZWM. 2010. Pembelajaran Cooperative Script Metakognitif (CSM) yang Memberdayakan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Biologi di Universitas Sebelas Maret. (Online). (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/download/1258/851), diakses 26 Juni 2015.

Wolf, S. 2003. The Big Six Information Skills As a Metacognitive Scaffold: A Case Study. School Library Media Research, 6 (-): 1—24.

Zubaidah, S. 2014. Pemberdayaan Keterampilan Penemuan dalam Scientific Approach Melalui Pembelajaran Berbasis Remap Coople. Makalah disajikan pada Seminar Nasional XI bertema Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya di Universitas Sebelas Maret pada tanggal 7 Juni 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License