PENGEMBANGAN BAHAN PELATIHAN MENULIS CERITA PENDEK BERMUATAN NILAI KARAKTER UNTUK GURU SMP NEGERI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SE-KOTA KUPANG

Elfira Sonia Soli Kette, Yuni Pratiwi, Sunoto Sunoto

Abstract


Research and development aims to produce product in the form of short story training materials with character value for junior high school teachers in Bahasa subject. Used Borg and Gall model as a model for develop training materials, by adaptation eight steps of this model. The results of validation and testing shows that the product decent to be implemented to improve teacher competence in writing short stories with character value.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa bahan pelatihan menulis cerita pendek bermuatan nilai karakter untuk guru SMP mata pelajaran bahasa Indonesia. Model yang digunakan dalam pengembangan bahan pelatihan ini adalah model Borg dan Gall dengan mengadaptasi delapan langkah dalam pengembangannya. Hasil validasi dan uji produk menunjukkan bahwa produk layak untuk diimplementasikan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menulis cerita pendek bermuatan nilai karakter.

 


Keywords


training materials; short story; character value; Junior High School Teacher; Kupang City; bahan pelatihan; menulis cerpen; nilai karakter; guru SMP; Kota Kupang

Full Text:

PDF

References


Amri, S, dkk. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Bandura, A. 1977. Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall

Borg, W. R & Meredith D. Gall. 1989. Educational Research. London: Longman.

Buzan, T. 2011. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia.

Degeng, I, N. S. 1998. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Haryanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya.

Loughran, J. 1996. Developing Reflective Practice: Learning about Teaching and Learning through Modelling. London: Falmer Press.

Noor, R. M. 2011. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ratna, N. K. 2014. Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Roekhan. 1991. Penulisan Kreatif Sastra. Malang: IKIP Malang.

Sumardjo, J. 2004. Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumardjo, J. 2007. Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License