PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS CERPEN BERSUMBER DARI MAJALAH REMAJA UNTUK SISWA SMA/SMK
Abstract
The purpose of this study, the learning module generates a text producing stories for SMA/SMK. The specific objectives of this study are (1) to develop products in the form of text materials producing short stories, short story text example, training, evaluation, and reflection and (2) describe the results of the test result validity and effectiveness of the product. This type of research is the development of research development model modified Borg & Gall. Modules developed in three parts. The first section contains text comprehension of short stories, the second part contains the steps to write short stories, and three short stories edited text.
Tujuan penelitian ini, yaitu menghasilkan modul pembelajaran memproduksi teks cerpen untuk siswa SMA/SMK. Tujuan khusus penelitian ini, yaitu (1) mengembangkan produk berupa materi memproduksi teks cerpen, contoh teks cerpen, latihan,evaluasi, dan refleksi dan (2) mendeskripsikan hasil validitas dan hasil uji keefektifan produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan modifikasi Borg & Gall. Modul yang dikembangkan terdiri atas tiga bagian. Bagian pertama berisi tentang pemahaman teks cerpen, bagian kedua berisi langkah-langkah menulis cerpen, dan ketiga menyunting teks cerpen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhadiah, S. 2002. Menulis 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Borg, W.R dan Meredith, D.G. 1983. Educational Research and Introduction. New York: Longman.
Muslich, M. 2010. Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nurjanah, E. 2015. Pengembangan Buku Ajar Menulis Cerpen dengan Stimulus Komik Buta untuk Siswa SMP kelas VII. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Rahmato, B. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Sadiman, A. 2002. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatanya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Siswanto, W. 2014. Cara Menulis Cerita. Malang: Aditya Media.
Susilowati, S. 2008. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Menggunakan Media Gambar untuk Siswa Kelas X di SMAN 1 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Tompskin, G.E. 1990. Teaching Writing Balancing Process and Product. Canada: Macmillan College Publishing Company.
Vembriarto, St. 1987. Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramits.
Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6233
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |