PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS CERPEN BERSUMBER DARI MAJALAH REMAJA UNTUK SISWA SMA/SMK

Lilis Sumaryanti, Maryaeni Maryaeni, Muakibatul Hasanah

Abstract


The purpose of this study, the learning module generates a text producing stories for SMA/SMK. The specific objectives of this study are (1) to develop products in the form of text materials producing short stories, short story text example, training, evaluation, and reflection and (2) describe the results of the test result validity and effectiveness of the product. This type of research is the development of research development model modified Borg & Gall. Modules developed in three parts. The first section contains text comprehension of short stories, the second part contains the steps to write short stories, and three short stories edited text.

Tujuan penelitian ini, yaitu menghasilkan modul pembelajaran memproduksi teks cerpen untuk siswa SMA/SMK. Tujuan khusus penelitian ini, yaitu (1) mengembangkan produk berupa materi memproduksi teks cerpen, contoh teks cerpen, latihan,evaluasi, dan refleksi dan (2) mendeskripsikan hasil validitas dan hasil uji keefektifan produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan modifikasi Borg & Gall. Modul yang dikembangkan terdiri atas tiga bagian. Bagian pertama berisi tentang pemahaman teks cerpen, bagian kedua berisi langkah-langkah menulis cerpen, dan ketiga menyunting teks cerpen.


Keywords


learning modules; writing; text stories; modul pembelajaran; menulis; teks cerpen

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, S. 2002. Menulis 1. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Borg, W.R dan Meredith, D.G. 1983. Educational Research and Introduction. New York: Longman.

Muslich, M. 2010. Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurjanah, E. 2015. Pengembangan Buku Ajar Menulis Cerpen dengan Stimulus Komik Buta untuk Siswa SMP kelas VII. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Rahmato, B. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Sadiman, A. 2002. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatanya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Siswanto, W. 2014. Cara Menulis Cerita. Malang: Aditya Media.

Susilowati, S. 2008. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Menggunakan Media Gambar untuk Siswa Kelas X di SMAN 1 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Tompskin, G.E. 1990. Teaching Writing Balancing Process and Product. Canada: Macmillan College Publishing Company.

Vembriarto, St. 1987. Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramits.

Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License