PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PERMESINAN FRAIS SISWA SMK

Muhammad Hudan Rahmat, Syaad Patmanthara, Soenar Soekopitojo

Abstract


This study aims to assess the empirical findings on the effect of the learning model (Project Based Learning and Training Within Industry), and the initial ability, both individually or interaction towards learning outcomes such as knowledge, skills and attitudes in Mechanical Machining Milling subjects. This quasi-experimental research using non-equivalent control group design version 2 x 2 factorial. Study subject involving 59 students of class XI Mechanical Machining. Data obtained with the test and non-test, then analyzed with a statistical technique MANOVA. In broad outline the results of this study indicate that the learning outcomes of knowledge can be improved if teachers apply PjBL to students who have high initial ability, skills can be improved if teachers apply PjBL and TWI model to students who have high initial ability, attitude can be improved if teachers apply both learning models, either PjBL or TWI to students who have high and low initial ability.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji temuan empirik tentang pengaruh model pembelajaran (Project Based Learning dan Training Within Industry), serta kemampuan awal, baik secara individu maupun secara interaksi terhadap hasil belajar pengetahuan, keterampilan dan sikap pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Frais. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan desain non-equivalent control group versi faktorial 2 x 2. Subjek penelitian melibatkan 59 siswa Kelas XI Teknik Permesinan. Data diperoleh dengan tes dan non-tes, kemudian dianalisis dengan teknik statistik MANOVA. Secara garis besar, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar pengetahuan dapat ditingkatkan jika guru menerapkan model PjBL kepada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, hasil belajar keterampilan dapat ditingkatkan jika guru menerapkan model PjBL maupun model TWI kepada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, hasil belajar sikap dapat ditingkatkan jika guru menerapkan kedua model pembelajaran, baik PjBL maupun TWI kepada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan rendah.


Keywords


project based learning (PjBL); initial ability; learning outcome; kemampuan awal, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Al-Mamun, A. 2012. The Soft Skills Education for the Vocational Graduate: Value as Work Readiness Skills. British Journal of Education, Society & Behavioural Science, (Online), 2(4): 326—338, (https://www.researchgate.net/ directory/publications), diakses 21 Januari 2013.

Al-Sharif, L. 2015. Project Based Learning in Undergraduate Engineering Education, (Online), (http://www.researchgate.net/publication/ 275022404), diakses 25 Oktober 2013.

Andri & Istyawati, I. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Tingkat Kerjasama Siswa dan Hasil Belajar Siswa Kelas X TPm pada Mata Pelajaran Menggambar di SMKN 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, (Online), 1(2): 28—37, (http://ejournal.unesa.ac.id, diakses), 14 Desember 2013.

Anggraini, V. 2013. Pengaruh Model Problem Based Learning Dilengkapi Modul, Motivasi Belajar, dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Pemrograman C++ Siswa SMK. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Arafat, M.Y. 2013. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Training Within Industry terhadap Hasil Belajar pada Unit Kompetensi Memelihara Servis Engine dan Komponen-Komponennya di Kejuruan Otomotif Diesel UPT-PK Singosari. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Azwar, S. 2013. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cakici, Y. & Turkmen, N. 2013. An Investigation of the Effect of Project-Based Learning Approach on Children’s Achievement and Attitude in Science. The Online Journal of Science and Technology, 3(2). (Online), (http: //www.tojsat.net), diakses 12 November 2015.

Degeng, I.N.S. 2013. Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Aras Media.

Dochy, F., DeRijdt, C. & Dyck, W. 2002. Cognitive Prerequisites and Learning: How Far Have We Progressed Since Bloom? Implications for Educational Practice and Teaching. Active Learning in Higher Education, (Online), 3(3): 265—284, (http://www.alh.sagepub.com, diakses 16 Maret 2015).

Du, X. & Kolmos, A. 2006. Process Competencies in a Problem and Project Based Learning Environment. Disajikan pada SEFI Annual Conference: Engineering Education and Active Students. (Online), (http://vbn.aau.dk), diakses April 2015.

Eko, E.H. 2007. Pengaruh Penggunaan Media Animasi, Media Gambar Statis, Kovariat Kemampuan Awal, dan Motivasi Berprestasi terhadap Kecakapan Vokasional Kelistrikan Bodi Mobil. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Fabrigar, L.R., Petty, R.E., Smith, S.M. & Crites Jr, S.L. 2006. Understanding Knowledge Effects on Attitude-Behavior Consistency: The Role of Relevance, Complexity, and Amount of Knowledge. Journal of Personality and Social Psychology, (Online), 90(4): 556—577, (http://www.psy.ohio-state.edu/petty/docu-ments/2006JPSPFabrigaretal.pdf), diakses 1 November 2015.

Forehand, M. 2010. Bloom's Taxonomy. Dalam M. Orey (Ed.), Emerging Perspectives on Lear-ning, Teaching, and Technology (hlm.41—47). Zurich: Catherine Land. (Online), (http://text-bookequity.org/), diakses 29 Mei 2013.

Grant, M. 2002. Getting A Grip on Project-Based Learning: Theory, Cases and Recommendations. Meridian: A Middle School Computer Technologies, 5(1). (Online), (https://www. researchgate.net/), diakses 14 Januari 2014.

Han, S. & Bhattacharya, K. 2010. Constructionism, Learning by Design, and Project-Based Learning. Dalam M. Orey (Ed.), Emerging Perspectives on Learning, Teaching, and Technology (hlm.127—141). Zurich: Catherine Land. (Online), (http://textbookequity.org/), diakses 29 Mei 2013.

Hanun, F. 2010. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika: Studi Eksperimen di MAN 3 Jakarta. (Online), (http://www.lipi.go.id, diakses 4 Mei 2015).

Hayati, M.N., Supardi, K.I. & Miswadi, S.S. 2013. Pengembangan Pembelajaran IPA SMK dengan Model Kontekstual Berbasis Proyek. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, (Online), 2(1): 177—184, (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet, diakses 11 Agustus 2014).

Howell, D.C. 2011. Student Manual for Fundamental Statistic for the Behavioral Sciences (7th Edition). The University of Vermont.

Iqbal, M. 2009. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Konstruktivistik PBP (Pembelajaran Berbasis Proyek) dan Tingkat Kemampuan Akademik terhadap Sikap Siswa SMA Kelas X di Malang Pada Ekosistem Sungai. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Irawati, R. K. 2015. Pengaruh Model Problem Solving dan Problem Posing serta Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, (Online), 2(4): 184—192, (http://journal.um.ac.id/index.php/jps/), diakses 22 April 2015.

Jollands, M., Jolly, L. & Molyneaux, T. 2012. Project-based Learning As a Contributing Factor to Graduates' Work Readiness. European Journal of Engineering Education, 37(2): 143—154, (Online), (http://researchbank. rmit.edu.au/view/rmit:17998), diakses 7 Desember 2015.

Joyce, B., Weil, M. & Calhoun, E. 2009. Model-model Pengajaran. Terjemahan Fawaid & Mirza. 2009. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kapusuz, K.Y. & Can, S. 2014. A Survey on Lifelong Learning and Project-Based Learning Among Engineering Students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, (Online), 116: 4187—4192, (http://www.science-direct.com), diakses 2 November 2015.

Karacalli, S. & Korur, F. 2014. The Effects of Project‐Based Learning on Students' Academic Achievement, Attitude, and Retention of Knowledge: The Subject of “Electricity in Our Lives”. School Science and Mathematics, 114(5): 224—235.

Lucas, B., Spencer, E. & Claxton, G. 2012. How to Teach Vocational Education: A theory of Vocational Pedagogy. London: City & Guilds Centre for Skills Development. (Online), (http://www.skillsdevelopment.org/), diakses 13 Desember 2014.

Mills, J.E. & Treagust, D. F. 2003. Engineering Education-Is Problem-Based or Project-Based Learning the Answer? Australasian Journal of Engineering Education. (Online), (http://www.aaee.com.au/journal/2003/mills_treagust 03.pdf), diakses 2 Januari 2014.

Pramukantoro, M.F.J.A. 2013. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-dasar Teknik Digital di SMKN 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, (Online), 2(2): 737—743, (http:// ejournal.unesa.ac.id), diakses 29 Juli 2014.

Priyono., Judawati., Utomo, A. & Suharno. 1999. Penerapan Pembelajaran Praktik Kayu dengan Metode Training Within Industry pada Matakuliah Praktik Kerja Kayu Mesin pada Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan. Malang: Proyek Due-Like FT UM.

Rais, M. 2011. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Rasyid, A., Pasaribu, M. & Kamaluddin, H. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika di SMP Negeri 2 Poso. e-Jurnal Mitra Sains. 3(1). (Online), (http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/ index.php/MitraSains/article/download/4154/3091), diakses 10 Desember 2015.

Setyowati, I. 2012. Pengaruh Variasi Media pada Cooperative Learning Cycle 5E (CLC 5E) dan Kemampuan Awal terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Materi Laju Reaksi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Shapiro, A.M. 2004. How Including Prior Knowledge As a Subject Variable May Change Outcomes of Learning Research. American Educational Research Journal Spring, (Online), 41(1): 159—189, (http://aerj.aera.net), diakses 12 Maret 2015.

Sigler, E.A. & Saam, J. 2007. Constructivist or Expository Instructional Approaches: Does Instruction Have an Effect on The Accuracy of Judgment of Learning (JOL)? Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, (Online), 7(2): 22—31, (http://josotl.indiana. edu), diakses 17 April 2015.

Sudjimat, D. A. 2014. Perencanaan Pembelajaran Kejuruan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suwandi. 2010. Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi dan Bakat Mekanik terhadap Pencapaian Kompetensi Mengelas Siswa SMK. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 33(1): 15—28.

Thomas, J.W. 2000. A Review of Research on Project-Based Learning, (Online), (http://www.autodesk.com/foundation, diakses 23 Januari 2014).

Uno, H.B. 2011. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Waras. 2003. Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Kecakapan Akademik, Teknikal, dan Pemecahan Masalah Bidang Permesinan. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Waras. 2009. Active Learning di Antara Idealisasi dan Realitas Praktik Pendidikan. Makalah disajikan pada Seminar dan Lokakarya Nasional “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Active Learning Menuju Profesionalisme Guru”, Surakarta 18 Juli 2009. (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id), diakses 5 Mei 2014.

Wena, M. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Yani, A. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Pengetahuan Awal terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Fisika pada Mahasiswa FMIPA UNM. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License