PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) DIPADU THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN SMAN DI KOTA MALANG

Hindun Syarifah, Sri Endah Indriwati, Aloysius Duran Corebima

Abstract


This research aimed at investigating: 1) the effect of Reading Questioning and Answering (RQA), Think Pair Share (TPS), and RQA combined with TPS learning on the students’ metacognitive skills and characters, 2) the effect of gender on students’ metacognitive skills, and 3) the effect of interaction between learning strategy and gender on students' metacognitive skills. Rancangan penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen dengan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design .The research design used was pretest posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas X SMAN Malang.The population of this research was all students of grade X State Senior High School (SSHS) Malang. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-1 SMAN 8 Malang, kelas X-6 dan X-7 SMAN 5 Malang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-3 SMAN 8 Malang sebagai kelas kontrol.The samples of this research were students of class X-1 SSHS 8 Malang, classes X-6 and X-7 SSHS 5 Malang as the experimental groups and class X-3 SSHS 8 Malang as the control group. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal berikut: 1) Strategi pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) dipadu Think Pair Share (TPS) berpotensi dalam memberdayakan keterampilan metakognitif siswa sebesar 17,72% lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional dan tidak berbeda secara signifikan dengan strategi pembelajaran RQA dan TPS.Research results showed that RQA combined with TPS learning had the potential to empower students’ metacognitive skills 17.72% higher than that of conventional learning but it was not significantly different from RQA and TPS learning. 2) Pembelajaran Think Pair Share (TPS) berpotensi dalam memberdayakan karakter siswa sebesar 8,52% lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional, 4,16% lebih tinggi dari strategi pembelajaran RQA dipadu TPS namun tidak berbeda signifikan dari strategi pembelajaran RQA.3) Kelompok siswa putri memperoleh rerata keterampilan metakognitif 7,12% lebih tinggi dari siswa putra.The metacognitive skills of the female students were 7.12% higher than that of the male students.4) Kelompok siswa putri memperoleh rerata karakter 4,32% lebih tinggi dari siswa putra. 3) Interaksi strategi pembelajaran dengan perbedaan jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan karakter siswa SMAN di kota Malang.The interaction of the learning strategy and gender did not have significant effect on the metacognitive skills of students.

Penelitian ini bertujuan mengkaji (1) pengaruh strategi pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA), Think Pair Share (TPS), dan strategi pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) dipadu Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan metakognitif siswa, (2) pengaruh perbedaan jenis kelamin terhadap keterampilan metakognitif siswa, dan (3) pengaruh interaksi strategi dan perbedaan jenis kelamin terhadap keterampilan metakognitif siswa. Rancangan penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen dengan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas X SMAN Malang. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-1 SMAN 8 Malang, kelas X-6 dan X-7 SMAN 5 Malang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-3 SMAN 8 Malang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal berikut: 1) Strategi pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) dipadu Think Pair Share (TPS) berpotensi dalam memberdayakan keterampilan metakognitif siswa sebesar 17,72% lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional dan tidak berbeda secara signifikan dengan strategi pembelajaran RQA dan TPS. 2) Siswa perempuan memperoleh rerata keterampilan metakognitif 7,12% lebih tinggi dari siswa laki-laki. 3) Interaksi strategi pembelajaran dengan perbedaan jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif siswa SMAN di kota Malang.


Keywords


RQA dipadu TPS; metacognitive skills; keterampilan metakognitif

Full Text:

PDF

References


Corebima, A. D. 2010. Berdayakan Keterampilan Berpikir Selama Pembelajaran Sains Demi Masa Depan Kita. Makalah. Disajikan pada Seminar Nasional Sains 2010 di Universitas Negeri Surabaya, 16 Januari 2010.

Costa, L. 1995. Developing Minds, A Resources Book for Teaching Thingking. Virgina: Association Supervition and Curiculum Development (ASCD).

Crick NR, Grotpeter JK. Relational aggression, gender and socialpsychological adjustment. Child Dev 1995; 66: 710-22.

Doolittle, P.E., Hicks, D., & Triplett, C.F. 2006. Reciprocal Teaching for Reading Comprehension in Higher Education: A Strategy for Fostering the Deeper Understanding of Texts. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17 (2): 106-118.

Elliot, S. N., Kratochwill, T. R., Cook, J. L. & Travers, J. F. 2000. Educational Psycology: Effective Teaching, Effective Learning, Third Edition. United States of America: McGraw-Hill Companies, Inc.

Hasanuddin. 2013. Pengaruh Pembelajaran Reading Questioning and Answering dipadu Think Pair Share Berbasis Lesson Study trehadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Kusuma, A.S.H.M. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA), Think Pair Share (TPS), RQA dipadu TPS dan Perbedaan Gender terhadap Keterampilan Bertanya, Kesadaran Metakognitif, Keterampilan Metakognitif, Pembentukan Karakter dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Livingstone & Jenniver, A. 1997. Metacognition: An Overview. (Online), (http://www.gse.buffalo.edu/fas/shuell/cep564/-metacog.html), diakses 30 Mei 2015.

Nurmaliah, C. 2009. Analisis Keterampilan Metakognisi Siswa SMP Negeri di Kota Malang Berdasarkan Kemampuan Awal, Tingkat Kelas, dan Jenis Kelamin. Universitas Syiah Kuala, Indonesia. Vol 1, Jurnal Biologi Edukasi No 2 (2009).

Peters, M.A. 2000. Does Constructivist Epistemology Have a Place in Nurse Education? Journal of Nursing Education, 39 (4).

Ramdiah, S. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Putra dan Putri Kelas XI SMA di Kota Banjarmasin. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS 9 Juli 2013, dalam Portal Garuda. (Online) (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=139073&val=4058), diakses 24 Januari 2016.

Sasser, L. 2010. Brain Differences between Genders. Gender Differences in Learning, Genesis 5:1—2, (Online), (http://www.faccs.org/assets/ Conventions/Convention-10/Workshops/Sasser-Gender-Differences-in-Learning.pdf), diakses 27 Januari 2016.

Tuckman, B.W. 1978. Conducting Educational Research Second Edition. New York: Harcourt Brace Jovanovich Inc.

Usman, A. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) didukung Metode Resitasi terhadap Kemampuan metakognitif, Hasil Belajar Kognitif. dan Karakter Siswa pada Pembelajaran Biologi SMAN di Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Witelson, S. F., Glezer, I.I., & Kigar, D.L. 1995. Women Have Greater Density of Neurons in Posterior Temporal Cortex. The Journal of Neuroscience, 15(5): 3418—3428, (Online), (www.jneurosci.org/content/15/5/3418.full.pdf), diakses 20 Januari 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License