HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KATOLIK SANTA MARIA MALANG BERBASIS SKOR TERKOREKSI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TAHUN AJARAN 2015/2016

Yakobus Mite, Aloysius Duran Corebima, Istamar Syamsuri

Abstract


This study aims to uncover the correlation between learning styles and learning outcomes, based on the corrected score between posttest scores and pretest score of senior high school students in biology learning implementing Group Investigation (GI) learning strategy in Malang. This study used a descriptive-correlation design. The subject of this research were 32 MIA students of class X and 33 MIA 4 Students of class X of the St Mary Catholic senior high school Malang. Data were analyzed using simple linear regression analysis. The results showed that there is no correlation between learning styles and student learning outcomes.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa SMA berbasis skor terkoreksi antara skor pretes dan skor postes dalam pembelajaran biologi melalui pembelajaran Group Investigation (GI) di SMAK St Maria Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa SMAK St Maria Malang. Subyek penelitian ini ialah siswa kelas X MIA 2 terdiri dari 32 siswa dan kelas X MIA 4 terdiri dari 33 siswa pada SMAK St Maria Malang. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa.


Keywords


learning styles; learning outcomes; corrected score; GI; gaya belajar; hasil belajar; skor terkoreksi; GI

Full Text:

PDF

References


Ardhana, W. 1987. Bacaan Pilihan: dalam Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Dirjen Dikti Depdikbud.

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astindari. T. 2015. Hubungan Antara Gaya Belajar, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Corebima, A. D. 2006. Metakognisi: Suatu Ringkasan Kajian. Makalah disajikan pada Pelatihan Strategi Metakognitif pada Pembelajaran Biologi untuk Guru-guru Biologi SMA di kota Palangka Raya pada tanggal 23 Agustus 2006.

Degeng, I. N. S. 1989. Desain Pembelajaran: Teori dan Praktik. IKIP Malang: Penyelenggaraan Pendidikan Pascasarjana Proyek Peningkatan Perguruan Tinggi IKIP Malang.

DePorter, dkk. 2000. Quantum Teaching: Orchestrating Student Success. Terjemahan Ari Nilandari. 2014. Bandung: Kaifa.

DePorter, B dan Hernacky, M, 2011. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemaahan oleh Abdurrahman. 2004. Bandung: Kaifa.

Felder, R. M. 1996. Matters of Style. Raleigh: Asee Prims, 6 (4): 115—126.

Ghufron, N dan Risnawati, R. 2014. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kasmirawati. S, dkk. 2012. Hubungan antara Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Batudaa Kabupaten Gorontalo. Artikel: Universitas Negeri Gorontalo.

Kazu, I.Y. 2009. The Effect of Learning Styles on Education and the Teaching Proces. Journal of Social Sciens 5(2): 85—94, 2009 ISSN 1549-3652. 2009 Science Publications.

Markovi’c, S. dan Jovanovi’c, N. 2012 Learning Style as a Factor Which Affects the Quality Course, Southern Economic Jurnal, 77 (1): 224—239.

Narudin, D. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI). (Online), (https://akhmad sudrajat. Word press. com/2009/06/20/strategi-pembelajaran-kooperatif-metode-group-investigation/), diakses 07 Juni 2015.

Purwanto, N. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.

Pertiwi, dkk. 2013. Penerapan kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkan respon positif siswa dalam pelajaran PKN. (Online), (http://ejournal.undiksha.ac.id/index. php/JJPP/article/viewFile/485/400), diakses 07 Juni 2015.

Pujiarti, A. 2013. Hubungan antara Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Percobaan 4 Wates Kulon Progo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahmawati, E. D. 2012. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar mata pelajaran sosiologi pada siswa kelas X3 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012. (Online), (http://eprints.uns.ac.id/1904/1/394-1012-1-PB.pdf), diakses 07 Juni 2015.

Suprijono, A. 2012. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryono. 2014. Hubungan Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Merakit Rangkaian Kontrol Motor. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suyanto, M.E. 2012. Pengaruh penggunaan variasi media dalam pembelajaran Inkuiri dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X SMA. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sharan, S. 2004. Handbook of Cooperative Learning Methods. London: Praeger.

Wulandari, R. 2011. Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa

Semester IV Program Study D IV Kebidanan Universitas Sebelas Maret. (online) http:// download. portalgaruda. org/article. php?article = 119635&val = 5479&title = Hubungan/gaya/belajar/dengan/prestasi/belajar/mahasiswa/semester Kebidanan/Universitas/Sebelas/Maret/), diakses 2 Desember 2015.

Yahya, A, dkk. 2003. Hubungan Gaya Pembelajaran dengan Pencapaian Akademik Pelajar di Tingkatan Empat Sekolah Menengah Teknik Negeri Sembilan. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Memperkasakan Sistem Pendidikan, Fakultas Pengurusan Perniagaan, Universitas Teknologi Mara Cawangan Segamat, Johor bahru, 19—21 Oktober.

Yurdin, M. 2013. Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri

Barru. Artikel: Universitas Negeri Makasar.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License