PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR HANDOUT BIOTEKNOLOGI LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMANKONSEP MAHASISWA S1 UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Septiana Wulandari, Endang Suarsini, Ibrohim Ibrohim

Abstract


Learning resources can be used by students in the learning process to acquire information and knowledge. Learning resources in the form of handouts biotechnology courses needed by students to provide information related to environmental pollution due to heavy metal contamination Hg using a consortia of bacteria as a reducing agent. This study aims to improve understanding of the concept of the student in understanding the use of consortia of bacteria in reducing Hg by utilizing handouts. The method used is the One Group Pre-Test Post-Test Design using one class sample. Pre-Test administered before treatment to measure the initial understanding of students while the Post-Test is given to measure student understanding of the concept of the final after being given treatment. Data analysis was performed using the formula gain score. Value gain score obtained in the study were categorized high by 0.71.

Sumber belajar  dapat digunakan  siswa dalam proses belajar untuk memperoleh informasi dan pengetahuan. Sumber belajar berupa handout mata kuliah bioteknologi dibutuhkan oleh mahasiswa untuk memberikan informasi terkait penanggulangan pencemaran lingkungan akibat cemaran logam berat Hg menggunakan konsorsia bakteri sebagai agen pereduksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa dalam memahami pemanfaatan konsorsia bakteri dalam mereduksi logam Hg dengan memanfaatkan handout. Metode yang digunakan adalah One Group Pre-Test Post-Test Design dengan menggunakan satu kelas sampel penelitian. Pre-Test diberikan sebelum perlakuan untuk mengukur pemahaman awal mahasiswa sedangkan Post-Test diberikan untuk mengukur pemahaman konsep akhir mahasiswa setelah diberikan perlakuan. Analisis data dilakukan dengan rumus gain score. Nilai gain score yang diperoleh dalam penelitian sebesar 0,71 yang berkategori tinggi.


Keywords


Learning resources; handouts; understanding concepts; Sumber belajar; handout; pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Adipurnomo, H. 2006. Sumber dan Media Pembelajaran. Malang: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS dan PMP Malang.

Agustina, Erna., Agung Nugroho., dan Sri Mulyani. 2013. Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Handout untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas Xc Sma Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK).ISSN 2337-9995 Vol. 2 No. 4.

Baharudin dan Wahyuni. 2012. Teori Belajar dan Pembelajran. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Creswell, J. W. 2012. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Demircioğlu, H. 2005. Conceptual Change Achieved Through a New Teaching Program on Acids and Bases. Chemistry Education Research and Practice Journal. 6 (1), 36—51.

Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/ Gain Scores. (Online) (www.physics.indiana.edu/-sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf), diakses 5 Desember 2015.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hera, Rufa., Khairil., dan Hasanuddin. 2014. Pengembangan Handout Pembelajaran Embriologi Berbasis Kontekstual Pada Perkuliahan Perkembangan Hewan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika. Volume 2, Nomor 2, 187—250.

Permendikbud No. 65. 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sanaky, H. 2011. Media Pembelajaran “Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen.” Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wahyuni, S., Sri Elniati., dan Syafiandi. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Handout Matematika Berbasis Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UNP. Vol. 1 No. 1, Part 3: Hal. 84—88




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License