PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA

Zainul Mustofa, Herawati Susilo, Mimien Heni Irawati Al Muhdhar

Abstract


Education today, said to be successful if it is able to direct their students are not solely on mastery and understanding of scientific concepts, but also on improving the ability and thinking skills, especially the skills to think critically, meaning that teachers need to teach students to learn to think (teaching of thinking). Results of interviews with subjects biology teacher observation time for thinking abilities, especially the ability to solve problems tenth grade students high school in Malang still in the moderate category and even some are still relatively low. The purpose of this research is to improve the ability to solve the problem of class X students with learning strategies Problem Based Learning (PBL) through a contextual approach based Lesson Study (LS). This type of research is the Classroom Action Research (PTK) by implementing PBL strategies through LS-based contextual approach in an effort to improve problem-solving skills and student learning outcomes. This research was conducted with 2 cycles. The results showed that PBL learning through contextual approach based LS, can enhance problem-solving skills and student learning outcomes, it can be seen from the significant value t test, each of which has a significance value of 0.000 (sig. <0.001). Significance indicate that there are very significant differences between problem-solving skills and student learning outcomes in the first cycle and the second cycle. That is, an increase in problem-solving skills and learning outcomes are very significant from the first cycle to the second cycle. Based on these results, learning by using PBL through contextual approach based LS can be used as input for the teacher to create a creative learning to develop students' thinking skills.

 Pendidikan dewasa ini, dikatakan berhasil apabila mampu mengarahkan siswanya yang tidak semata-mata pada penguasaan dan pemahaman konsep-konsep ilmiah saja, tetapi juga pada peningkatan kemampuan dan keterampilan berpikir, khususnya keterampilan berpikir tingkat tinggi, artinya guru perlu mengajarkan siswanya untuk belajar berpikir (teaching of thinking). Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran biologi saat observasi untuk kemampuan berpikir terutama kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X SMA di Kota Malang masih pada kategori sedang bahkan ada juga yang masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan kontekstual berbasis Lesson Study (LS). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan strategi PBL melalui pendekatan kontekstual berbasis LS sebagai usaha untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PBL melalui pendekatan kontekstual berbasis LS, dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi Uji t yang masing-masing memiliki nilai signifikansi 0,000 (sig. <0,01). Berdasarkan hasil tersebut, pembelajaran dengan menggunakan PBL melalui pendekatan kontekstual berbasis LS dapat dijadikan sebagai masukan bagi guru untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa.


Keywords


problem based learning; contextual approach; problem-solving skills; pendekatan kontekstual; kemampuan memecahkan masalah

Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembinaan SMK. 1994. Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning). Jakarata: Direktorat Jendral Pendidikan Menengah.

Fogarty, R. 1997. Problem Based Learning and Other Curiculum Models for Multiple Intellegences Classroom, IRI/Skyligt Training and Publishing. New York: Inc.

Jones, D. 1996. What Is Problem-Based Learning, The Californis State University, (http://edweb.sdsu.edu/clirt/learningtree/PBL/ PBLedvantages.html).

Karuniasih, Y., Herlambang, S., & Suharto, Y. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA N 8 Malang, (Online), (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelCFF48F 427FEBC003BC062C0F88E1F5EF.pdf) diakses 26 Mei 2016.

Klegeris, A., Bahniwal, M. & Hurren, H. 2013. Improvement in Generic Problem-Solving Abilities of Students by Use of Tutor-less Problem-Based Learning in a Large Classroom Setting. Journal list CBE Life Sciences Education (CBE Life Sci Educ) v. 12(1): 73—79. 2013. (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/ pmc/articles/PMC3587858/), diakses 26 Mei 2016.

Lidinillah, D. A. M. 2013. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/KD-Tasikmalaya/Dindin_Abdul_Muiz_Lidinillah_(KD-Tasikmalaya)-197901132005011003/132313548%20-%20dindin%20abdul%20muiz%20lidinillah/Problem% 20Based%20Learning.pdf), diakses 23 Juni 2015.

Nastiti, N.Y. & Slamet H.W. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Problem Based Learning (PBL), (Online), (eprints.ums.ac.id/ 28311/12/Naskah_Publikasi.pdf), diakses 26 Mei 2016.

Ningrum, E. 2009. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Makalah disampaiakn pada kegiatan Pelatihan dan Workshp Model-Model Pembelajaran dalam Persiapan RSBI di Kabupaten Karawang pada tanggal 23 September 2009. (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._GEOGRAFI/196203041987032-EPON_NINGRUM/MAKALAH/ CTL_.pdf) diakses 6 Desember 2015.

Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Direktorat Sekolah lanjutan Tingkat Pertama.

Pallenari, M. 2012. Pengaruh Integrasi Problem Based Learning dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan Kemampuan Akademik Terhadap Metakognisi, Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep, dan Retensi Mahasiswa pada Perkuliahan Biologi Dasar di FMIPA UNM Makassar. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Peng, C. N. 2004. Successful Problem Base Learning for Primary and Secondary Classrooms. Singapore: Federal Publications.

Pranata, B. 2006. Problem Solving. (Online), (http://sarengbudi.web.id/wpcontent:/uploads/problem-solving.doc.), diakses 23 November 2015.

Redhana, I.W. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Jilid 46, Nomor 1, 78 April 2013, hlm.76—86.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sadia, I.W. 2008. Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (Suatu Persepsi Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA. No. 2 TH. XXXXI April 2008 ISSN 0215 – 8250.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Predana Media.

Wasiso, S. J. & Hartono. 2013. Implementasi Model Problem Based Learning Bervisi SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA dan Kebencanaan Oleh Siswa. Journal of Innovative Science Education (JISE) 2 (1) 2013, ISSN 2252 – 6412. (Online), (http://journal.unnes.ac.id/ sju/index.php/jise/article/view/3128/2892), diakses 26 Mei 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License