PENGGUNAAN TES PEMAHAMAN PADA UJI COBA BAHAN AJAR UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG
Abstract
The aim of this paper is to know the student cognitive ability in geography teaching material. The teaching material used is supplement developed through several stages. The standard assessment of this test based on minimum completeness criteria. The result of this test is 85.78 (100%). The percentage more than 85% mean the completeness of students is completed.
Tujuan dari paper ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa terhadap materi bahan ajar geografi. Bahan ajar yang digunakan merupakan suplemen yang dikembangkan melalui beberapa tahapan penelitian. Standar penilaian tes pemahaman didasarkan pada nilai kriteria ketuntasan minimal. Hasil tes pemahaman siswa diperoleh nilai rerata 85,78 dengan persentase 100%. Persentase pemahaman siswa dalam satu kelas lebih dari 85% berarti siswa telah tuntas belajarnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hernawan, P. D. 2012. Pengembangan Bahan Ajar.
Kamil, P. A. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Geografi Model Robert E Gabler Et All Untuk SMA/MA Kelas X pada Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Lowrie, W. 2007. Fundamentals of Geophysic. Cambridge University Press. USA.
Widiastuti, W. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Modul Multimedia Kompetensi Dasar Atmosfer untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas. Tesis.tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6327
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |