SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 DIGITAL BERBASIS WEB DI SMK WIDYAGAMA MALANG

Purnomo Hadi Susilo, Tuwoso Tuwoso, Aisyah Larasati

Abstract


The problems that often occur in the current ISO document control and distribution. Those problems can be solved by changing the conventional management into digital management through information technology which is able to distribute infornasi fast, accurate and real-time. This study aims to determine the level of use, efficiency, effectiveness, and satisfaction of users of the product to be developed. These results indicate that the products have been developed to improve the efficiency and effectiveness of the performance of teachers who served as a principal management ISO, and can be used as a solution to get the ISO quality management is more reliable in the era of digitalization. This is evidenced from the results of the field trials showed that the perpetrators of the management is satisfied by giving a value of 97.92% when using a product that has been developed.

Permasalahan yang sering terjadi pada ISO yakni saat pengendalian dan pendistribusian doku­men. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan mengubah manajemen konvensional menjadi manajemen digital dengan memanfaatkan teknologi informasi yang mampu medistribusikan infornasi secara cepat, akurat dan realtime. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penggunaan, efisiensi, efektivitas, dan kepuasan pengguna terhadap produk yang akan dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang telah dikembangkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja guru yang menjabat sebagai pelaku manajemen ISO, serta dapat digunakan sebagai solusi untuk menuju manajemen mutu ISO yang lebih handal di era digitalisasi. Hal ini dibuktikan dari hasil ujicoba dilapangan menunjukkan bahwa para pelaku manajemen merasa puas dengan memberikan nilai sebesar 97,92% saat menggunakan produk yang telah dikembangkan.


Keywords


quality management; ISO; digital; web applications; manajemen mutu; iso; digital; aplikasi web

Full Text:

PDF

References


Depdikbud. 1997. Pokok-Pokok Pikiran Keterampilan Menjelang 2020 dengan Perkembangan. Jakarta: Direktorat Dikmenjur Ditjen Dikdasmen.

Depdiknas. 2002. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Jakarta: Direktorat Ditmenjur.

Indrajit, R. E. 2013. Evolusi Perkembangan Teknologi Informasi. (Online), (http://eko-indrajit.com), diakses 24 November 2015.

Kadir, A. 2003. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: ANDI.

Sonhadji, A. 2013. Manusia, Teknologi, dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2003. Profesionalisasi Manajemen Pendidikan Kejuruan di Indonesia; Pidato Pengkuhan Guru Besar di Universitas Negeri Yogyakarta, 30 Agustus 2003.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tampubolon, D. P. 2001. Perguruan Tinggi Bermutu. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wahyono, T. 2004. Computer Base Information System (CBIS). (Online), (http://ilmukomputer.com), diakses 24 November 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License