PERAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

Khofiatun Khofiatun, Sa’dun Akbar, M. Ramli

Abstract


This research has been conducted to find out the teachers’ pedagogic competence of thematic learning at Paguyangan 2 elementary school, brebes. This research has used qualitative approach with case studies. The data were taken from two teachers at Paguyangan 2 elementary school, Brebes. It showed that the pedagogic competence of those two teachers, teacher of the fourth grade and the fifth grade is different. It can be seen from their own backgrounds and teaching experiences. The teachers’ role, teachers’ pedagogic competence, effects on the thematic learning of students in the class. the teacher with excellent pedagogic skill often successfully runs a thematic learning in the class whereas the teacher with low pedagogic skill rarely makes it in the class.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kompetensi pedagogik guru pada pembelajaran tematik di SD Negeri Paguyangan 2 Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data penelitian ini diambil dari 2 orang guru kelas di SD Negeri Paguyangan 2 Brebes. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi pedagogik yang dimikili oleh guru kelas IV dan guru kelas V di SD Negeri Paguyangan 2 berbeda-beda. Hal tersebut bisa dilihat dari latar belakang dan pengalaman mengajar guru serta dari nilai Uji Kompetensi Guru (UKG) yang diperoleh. Peran kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran juga berpengaruh terhadap hasil pembelajaran tematik dikelasnya. Guru yang memiliki kompetensi pedagogik bagus cenderung berhasil dalam pembelajaran tematik di kelasnya. Sedangkan guru yang memiliki kompetensi pedagogik rendah cenderung tidak berhasil dalam pembelajaran tematiknya.


Keywords


pedagogic competence; teacher’s role; thematic learning; kompetensi pedagogik; peran guru; pembelajaran tematik

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. dkk. 2008. Pengembangan Model Pembelajaran Tematis Untuk Kelas 1 dan Kelas 2 SD Realisasi Penelitian Tahun ke-3, Fokus: Uji Coba Skala Terbatas. Malang: Lemlit. Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2006—2009 tidak diterbitkan.

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Akbar, S. dkk. 2014. Pengembangan Perangkat dan Implementasi Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran di Sekolah Dasar. Studi Meta Analisis Terhadap Pengembangan Perangkat dan Implementasi Pembelajaran Tematik di 4 SD. Tidak diterbitkan. Lemlit. Malang: Laporan Penelitian Tim Pascasarjana.

Baharudin, 2014. Kesiapan Madrasah Ibtidaiyah Dalam Implementasi Kurikulum 2013 (Analisis terhadap kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik di MI se-Kota Bandar Lampung), (Online), (www.ejournal.iaiandenintan.ac.id/index.php/trmpl/article/view/563), diakses 5 Mei 2016.

Depdikbud. 1994. Tentang Standar Penilaian. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, S.B. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam interaktif Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanurawan, F. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Psikologi. Surabaya: Pusat Studi Peningkatan Kinerja Masyarakat LPPM Universitas Airlangga Kampus C.

Marshall, C & Rossman, G.B. 2008. Designing Qualitative Research. Fourth Edition. London: SAGE Publication Ltd.

Mulyasa. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Rosdakarya.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. 1984. Qualitative Data Analysis. Baverly Hill: Sage Publication Inc.

Moleong, L. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan menteri Pendidikan Nasional RI No 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik & Kompetensi Guru. Bandung: Citra Umbara.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu.Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Smaldino, S., Deborah, L. James, D. 2011. Intructional Technology and Media for Learning. Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana.

Wati, U. A. 2008. Model Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Majemuk di Sekolah Dasar, (Online), (http://Staf.uny.ac.id/sites/default/files/132310871/1.pdf ), diakses 5 Mei 2016.

Widyastono, H. 2014. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License