PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TULISAN ARAB-MELAYU

Dian Risdiawati, Wahyudi Siswanto, Nurhadi Nurhadi

Abstract


The purpose of this research and development is to produce a teaching material of Arab-Melayu inscription for Indonesian literature students with expediently and effectively content, presentation, language, and display. This research use Team of Research Central of Educational SPolicy and Innovation’s research and development method. The result is a book and the tittle is Membuka Jendela Ilmu Pengetahuan Arab-Melayu.The trial results from matter expert obtained 90,7%, the result of the trial from studies design expert obtained 89,9%, the trial results from teacher obtained 80,6%, and student’s tes results obtained 92,8%. It’s mean that the product can be implemented. The results of effectively trial that show 70% students has high ability. So, the product can be effective for studies.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar tulisan Arab-Melayu untuk mahasiswa jurusan Sastra Indonesia dengan isi, penyajian, bahasa, serta kegrafikaan yang layak dan efektif untuk pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model penelitian prosedural serta metode penelitian dan pengembangan dari Tim Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar berbentuk buku cetak berjudul Membuka Jendela Ilmu Pengetahuan Arab-Melayu. Berdasarkan ahli materi, produk mendapatkan penilaian sebesar 90,7%, ahli desain pembelajaran sebesar 89,9%, praktisi dosen sebesar 80,6%, dan mahsiswa sebesar 92,8%. Dengan demikian produk dikategorikan dapat diimplementasikan. Berdasarkan uji keefektifan, diketahui bahwa 70% mahasiswa berkemampuan sangat tinggi, sehingga produk dapat dikatakan efektif untuk pembelajaran.

 


Keywords


teaching material; Arab-Melayu inscription; bahan ajar; tulisan Arab-Melayu

Full Text:

PDF

References


Baried, B. St., Syakir, M., Masjkoer, M., Suratno, S.C., dan Sawu. 1985. Memahami Hikayat dalam Sastra Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Collins, J.T. 1996. Bahasa Melayu, Bahasa Dunia: Sejarah Singkat. Terjemahan Alma Evita Almanar. 2005. Jakarta:Yayasan Obor Indonesia.

Dahlan, A. 2014. Sejarah Melayu. Jakarta: PT. Gramedia.

Djamarah, S. B. & Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunarsa, S. 1982. Psikologi Praktis: Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.

Jauhar, F. 2014. Metode Pembelajaran Membaca Al-Quran. Makalah disampaikan dalam Pelatihan Guru TPA/TPQ, Sendangbumen Berebek Nganjuk, 7 Juni.

Muslich, M. 2010. Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Peraturan Dekan Fakultas Sastra Univrsitas Negeri Malang No. 6 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Kurikulum Program Studi pada Jurusan Sastra Indonesia.

Prastowo, A. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Saidi, S. 2003. Melayu Klasik: Khazanah Sastra Sejarah Indonesia Lama (Slamat Trisila, Ed.). Yogyakarta: Rejeki.

Shofwani, M. I. 2005. Mengenal Tulisan Arab-Melayu. Yogyakarta: Adi Cita.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License