ESTETIKA PROFETIK NOVEL MUHAMMAD: LELAKI PENGGENGGAM HUJAN KARYA TASARO G. K. SEBAGAI SUMBER PENDIDIKAN KARAKTER

Ramadhaniar Wulananda, Djoko Saryono, Heri Suwignyo

Abstract


This study aimed to describe the prophetic aesthetics of novel Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan by Tasaro G.K. as a source of character education. This study used a qualitative approach in the study of literary texts. The research found that the humanism aspect includes four sub aspects; they are strengthening activities (1) personality, (2) assertiveness, (3) socialization, and (4) spirituality. Liberaze aspects of the novel Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan includes freeing and liberating activity of political repression, freeing and liberating activity of state repression, freeing and liberating activity of economic injustice, and freeing and liberating activity of gender injustice. Trancendence aspects of the novel Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan includes khauf, raja’, tawakkal, qana’ah, syukur, and ikhlas. These three aspects are representing the components of good character, that moral knowledge, moral feeling, and moral action.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan estetika profetik novel Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan karya Tasaro G. K. sebagai sumber pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam kajian teks sastra. Dari hasil penelitian ditemukan aspek humanisasi novel Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan yang meliputi aktivitas memperkuat personalitas, aktivitas memperkuat asertivitas, aktivitas memperkuat sosialisasi, dan aktivitas memperkuat spiritualitas. Aspek liberasi novel Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan yang ditemukan meliputi aktivitas membebaskan dan memerdekakan dari penindasan politik, aktivitas membebaskan dan memerdekakan dari penindasan Negara, aktivitas membebaskan dan memerdekakan dari ketidakadilan ekonomi, dan aktivitas membebaskan dan memerdekakan dari ketidakadilan gender. Aspek transendensi novel Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan yang ditemukan khauf, raja’, tawakkal, qana’ah, syukur, dan ikhlas. Ketiga aspek tersebut merepresentasikan komponen karakter yang baik, yaitu pengetahuan moral, perasaan moral, dan tindakan moral.


Keywords


prophetic aesthetics; novel; character education resources; estetika profetik; nove; sumber pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Abidin, Z. 2006. Filsafat Manusia: Memahami Manusia melalui Filsafat. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Al-Asyigar, U.S. 2001. Ikhlas. Tejemahan oleh Abad Badruzzaman. 2014. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Bafadal, F.A. & Saefullah, A. 2006. Naskah Klasik Keagamaan Nusantara: Cerminan Budaya Bangsa Volume 2. Jakarta: Departemen Agama RI, Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan, Puslitbang Lektur Keagamaan.

Budiharsono, S.S. 2003. Politik Komunikasi. Jakarta: Grasindo.

Efendi, A. 2011. Dimensi Profetik dalam Fiksi Kuntowijoyo. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Efendi, A. 2011. Pembelajaran Sastra Profetik sebagai Media Pengembangan Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan, (Online), Thn XXX: 39—51, (http://lppmp.uny.ac.id), diakses 28 April 2015.

Efendi A. 2012. Realitas Profetik dalam Novel Ketika Cinta Bertasbih Karya Habiburrahman Al-Shirasy. Litera, (Online), 11 (1): 72—82, (http://download.portalgaruda.org), diakses 16 Juni 2016.

Endraswara, S. 2012. Filsafat Sastra: Hakikat, Metodologi, dan Teori. Yogyakarta: Layar Kata.

Hadi W.M., A. 1999. Kembali ke Akar Kembali ke Sumber: Esai-esai Sastra Profetik dan Sufistik. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Hadi W.M., A. 2004. Hermeneutika, Estetika, dan Religiusitas: Esai-esai Sastra Sufistik dan Seni Rupa. Yogyakarta: Matahari.

Hamid, A. 1994. Syekh Yusuf Muhammad: Seorang Ulama, Sufi, dan Pejuang. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Keraf, G. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kuntowijoyo. 2013. Maklumat Sastra Profetik: Kaidah, Etika, dan Struktur. Yogyakarta: Multi Presindo.

Lickona, T. 1991. Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Terjemahan Juma Abdu Wamaungo. 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Makhsin, M. 2006. Sains Pemikiran dan Etika. Kuala Lumpur: PTS Professional Publishing.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. Tanpa Tahun. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Terjemahan oleh Tjejep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Muhammad. Tanpa Tahun. Syarah Adab dan Manfaat Menuntut Ilmu. Terjemahan oleh Ahmad Sabiq. 2005. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Noor, R. M. 2011. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra: Solusi Pendidikan Moral yang Efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Prawira, Y.A. 2014. Memahami Estetika Sastra: Sebuah Analisis Estetika dalam Pembelajaran Bahasa, (Online), (http://bdkbandung.kemenag.go.id/jurnal), diakses 16 Juni 2016.

Ratna, N.K. 2014. Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suroso & Santoso, P. 2009. Estetika: Sastra, Sastrawan, dan Negara. Yogyakarta: Pararaton Publishing.

Syarbini, A & Haryadi, J. 2010. Dahsyatnya Sabar, Syukur, dan Ikhlas Nabi Muhammad SAW. Bandung: Ruang Kata.

Trianton, T. 2013. Estetika Profetik Ahmad Tohari dalam Khazanah Budaya Cablaka. Jurnal Kebudayaan Islam, (Online), 11 (2): 211—226, (http://www.ejournal.stainpurwokerto.ac.id), diakses 28 April 2015.

Zar, S. 2007. Filsafat Islam: Filosof dan Filsafatnya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v1i7.6564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License