PENGGUNAAN MULTIMEDIA CD INTERAKTIF DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DI KELAS IV SDN KLANDERAN KEDIRI

Hayumuti Hayumuti, Herawati Susilo, Susriyati Manahal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (a) meningkatkan  hasil belajar siswa kelas IV SDN Klanderan tahun pelajaran 2015/2016 dan (b) meningkatkan aktivitas belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Klanderan Kediri berjumlah 21 anak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 57,14% dengan nilai rata-rata 70,24, pada siklus II sebesar 71,42% dengan nilai rata-rata 73,57 dan pada siklus III  sebesar 85,71% dengan rata-rata 85,04 (2) Skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II sebesar 85% dan pada siklus III sebesar 90%.

 


Keywords


Pendidikan Dasar

Full Text:

PDF

References


Anitah, S. 2009. Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Inti Media Surakarta.

Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran. J akarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arianti, Y, 2014. Penggunaan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak di Kelompok A PGTKIT Anak Cinta Islam Kecamatan Gayungan Kota Surabaya. E-Journal UNESA PAUD Teratai Vol 3, no 3, (2014), (online) http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/7677/10390. Diakses 11 Juni 2016

Eristi, S. D. 2010. The Effectiveness Of Interactive Instruction Cd Designed Through The Pre-School Students. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 2005 - 2008 JATIT, All rights reserved. www.jatit.org.

Frey, B., & Sutton, J. M. 2010. A Model for Developing Multimedia Learning Projects. MERLOT. Journal of Online Learning and Teaching Vol. 6, No. 2, Hal: 491—507. (online) http://creativecommons.org/licenses/ by-nc-sa/3.0/us/), diakses 14 September 2015.

Kalburan, N. C. 2011. The use of CD-ROM in early cildhood education: teacher’s thoughts and practices. Pamukkale University. Journal Procedia Computer Science 3, Hal:1562—1570, (Online), Http://www.sciencedirect.com/ science/article/pii/S187705091100050), diakses 10 Juni 2016.

Mahmudah, R. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Multimedia Berbasis Movie Maker di Sekolah Dasar. UNESA. E-Journal UNESA. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (Online), (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/3149/5380), diakses 11 Juni 2016

Rasimin, S., Saputro. & Musyahadah. 2012. Media Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Trust Media Publishing.

Rahayuningrum, R. H. 2012 Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-F di SMP Negeri 2 Imogiri Bantul. Makalah LSM XIX Lomba Seminar Matematika, ISBN: 978-979-17763-3-2. (Online), https://core.ac.uk/download/pdf/11064562.pdf), diakses 10 Juni 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License