PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) KELAS VIII SEMESTER GASAL

Bastaman Sasmito Aji, M. E Winarno

Abstract


Assessment is a very important process in instructional. Assessment instruments that meet the exacting standards will measure the end result of a process of instructional so that student learning outcomes will be detected properly and can be used as an evaluation for future learning program. PJOK subjects that promotes skills in the realm of learning often ignore the realm of cognitive. Assessment tools to measure students' cognitive sphere made without fulfilling the criteria of a good test assessment instruments so that student learning outcomes can’t be detected properly.

Penilaian merupakan proses yang sangat penting dalam pembelajaran. Instrumen penilaian yang memenuhi standar, secara tepat akan mengukur hasil akhir dari suatu proses pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa akan terdeteksi dengan baik dan dapat dijadikan bahan evaluasi untuk program pembelajaran selanjutnya. Mata pelajaran PJOK yang mengutamakan ranah keterampilan dalam pembelajarannya seringkali mengabaikan ranah pengetahuan. Instrumen penilaian untuk mengukur ranah pengetahuan siswa disusun harus memenuhi kriteria instrumen penilaian yang baik sehingga, hasil belajar siswa dapat terdeteksi dengan baik.


Keywords


instrument; assessment; cognitive; PJOK; instrument; penilaian; pengetahuan; PJOK

Full Text:

PDF

References


Alawiyah, F. 2014. Kesiapan Guru dalam Implemantasi Kurikulum 2013. Jurnal Aspirasi, VI (15): 10.

Anderson, L & Kratwohl, D. R. 2015. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesment Jogjakarta: Pustaka Belajar.

Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Asmin. 2006. Pengaruh Ragam Bentuk Tes Objektif dan Gaya Berpikir terhadap Fungsi Informasi Tes: Penelitian Quasi Eksperimental dengan Analisis Item Response Theory di SMU DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 062 (12):633—655.

Azim, S. & Khan, M. 2012. Authentic Assessment: An Instructional Tool to Enhance Students Learning. The American Journal of Distance Education. ISSN, 2 (3): 314.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Lampiran Standar Isi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta.

Basuki, I & Hariyanto. 2015. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Crocker, A.W. 2013. Authentic Assessment: Evaluating “real-life” Applications of Knowledge in Higher Education. Reflections. the Teaching Support Centre, Western University. (Online). (http://www.uwo.ca/tsc/resources/pdf/Reflections_69.pdf.). diakses 19 Agustus 2015.

Depdiknas.2008. Panduan Penyusunan Soal. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Drost, E. A. 2007. Validity and Reliability in Social Science Research. Journal Education and Perspectives. 38 (1): 105—123.

Gaytan, J & McEwen, B. 2007. Effective Online Instructional and Assessment Strategies. The American Journal of Distance Education, 21 (3): 118.

Kankam, B. et, al. (2015). Teachers’ perception of authentic assessment techniques practice in social studies lessons in senior high schools in Ghana. International Journal of Educational Research and Information Science. (Online). (http://www.openscienceonline.com/author/download?paperId=1281&stateId=8000&fileType=3). diakses 19 Agustus 2015.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 PJOK SMP. Jakarta: Kemendikbud.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kusaeri & Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Masidjo. 1995. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Maulana, N, dkk. 2012. Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Membaca Kelas VII SMP. Malang: Artikel Skripsi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Nomor 103. Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud.

Munadi, Y. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Natsir, N. F. 2007. Peningkatan Kualitas Guru dalam Perspektif Pendidikan Islam. Journal Educationist, 1 (1): 2—-22.

Nurhasan. 2009. Penilaian Pembelajaran Penjas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Pemerintah Republik Indonesia. 2013. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 23 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Poerwanti, E. 2001. Evaluasi Pembelajaran, Modul Akta Mengajar. Malang: UMM Press.

Purwanto, N.M. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Raj, S. 2011. An academic Approach to Physical Education. International Journal of Health, Physical Education and Computer Science in Sports, 2 (1): 95.

Ratumanan, T.G. 2003. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SLTP Di Kota Ambon. Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 5 (1): 1-10.

Reid, A. 2013. Physical Education, Cognition and Agency. Journal Educational Philosophy and Theory, 45(9): 921-933.

Ridgers, N. D., Fazey, D.M.A & Fairclough, S.J. 2007. Perceptions of Athletic Competence and Fear of Negative Evaluation During Physical Education. British Journal of Education Phychology, 77: 339—349.

Siedentop, D. 1994. Introduction to Physical Education, Fitness, and Sport. California: Mayfield Publishing Company.

Sinambela, P. 2013. Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Generasi Kampus. vol. 6 (2):17.

Sindonews. Jumat 9 Oktober 2015. Tawuran 4 Kelompok Pelajar Pecah di Depok, hlm.1.

Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pedidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suleiman, A. H. 1985. Media Audio-visual untuk Pengajaran, Penerangan, dan Penyuluhan. Jakarta: Gramedia.

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syarifuddin. 1997. Pokok-pokok Pengembangan Program Pembelajaran Penjas. Jakarta: Depdikbud.

Tempo. 16 April 2015. Ini Kecurangan Ujian Nasional 2015 Versi FSGI, hlm. 1.

Thatcher, R.W. 2010. Validity and Reliability of Quantitative Electroencephalography (qEEG). Journal of Neurotheraphy, 14 (1):36.

U.S Departement of Health and Human Service. 2010. Strategies to Improve the Quality of Physical Education. (Online). (http://www.cdc.gov/healthyyouth/physicalactivity/pdf/quality_pe.pdf.). diakses 15 Agustus 2015.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Winarno, M.E. 2004. Evaluasi dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Center Human Capacity Development.

Winarno, M.E. 2006. Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Iptek Olahraga, VOL.8, No.2, Mei 2006: 83—90.

Winarno, M.E. 2011. Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Media Cakrawala Utama Press.

Winarno, M.E. 2012. Pengembangan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Jasmani & Rohani. Makalah disajikan dalam pidato pengukuhan Guru Besar dalam bidang Ilmu Keolahragaan FIK UM, Malang, 5 Desember.

Wuest, A.D. and Bucher, A.C. 2009. Foundation of Physical Education, Exercise Science, And Sport (16rd ed.). New York: McGraw.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License