PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI DI BOJONEGORO
Abstract
Critical thinking is one of the important thinking skills in the XXI century. TIMSS results showed an average of reasoning ability and application domains are relatively low. One learning model which mandated 2013 curriculum is the implementation of guided inquiry require the participation of learning resources such as interactive multimedia. This study aims to determine the effect of interactive multimedia-assisted guided inquiry towards critical thinking skills. This study is a Quasi Experiment. The study population was all students in SMA Negeri 1 Sumberrejo the school year of 2015/2016 with a sample of students in class XI IPA 1, IPA 2, and IPA 5. The study was conducted in April-May 2016. The instrument in the form of critical thinking skills test. Data were analyzed with covariance (Anacova). The results showed that the interactive multimedia-assisted guided inquiry affect the students' critical thinking skills. LSD test results show the critical thinking skills of students increased by 400,2% in the class of gieded inquiry and 416.8% in class multimedia-assisted guided inquiry.
Berpikir kritis (critical thinking) merupakan salah satu kecakapan berpikir yang penting pada abad XXI. Hasil TIMSS menunjukkan rata-rata kemampuan domain penalaran dan penerapan relatif rendah. Salah satu model pembelajaran yang diamanatkan Kurikulum 2013 adalah inkuiri terbimbing yang pelaksanaannya membutuhkan peran sumber belajar, seperti multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan Quasi Experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di SMA Negeri 1 Sumberrejo Tahun Ajaran 2015/2016 dengan sampel siswa kelas XI IPA 1, IPA 2, dan IPA 5. Penelitian dilakukan pada bulan April—Mei 2016. Instrumen berupa soal tes keterampilan berpikir kritis. Data dianalisis dengan kovarian (Anakova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil uji LSD menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa meningkat sebesar 400,2% pada kelas inkuiri terbimbing dan 416,8% pada kelas inkuiri terbimbing berbantuan multimedia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, N.W, N.P. Ristiati, N.L.P.M. Widiyanti. 2013. Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. (Online), (http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/752), diakses 25 Maret 2016.
Ardana, I. K., Arnyana, I.B.P., & Setiawan I.G.A.N.2013. Studi Komparatif Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Kooperatif STAD terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kinerja Ilmiah Biologi SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.
Fitriyani, R. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Kelas XI SMAN Ambulu-Jember. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Greenstein, L. 2012. Assessing 21st Century Skills. California: A SAGE Company.
Greenwald, R. R. & Quitadamo, I.J. 2014. A Mind of Their Own: Using Inquiry-based Teaching to Build Critical Thinking Skills and Intelectual Engagement in an Undergraduate Neuroanatomy Course. The Journal of Undergraduate Neuroscience Education, 12 (2): A100—A106
Gulo. W. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.
Hapsari, D., Sudarisman, S., & Marjono. 2012. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing dengan Diagram V (Vee) dalam Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, No. 4 (3) Hal. 16—28.
Kuhlthau, C.C., Maniotes, L.K. & Caspari, A.K. 2007. Guided Inquiry Learning in the 21st Century. London: Libraries Unlimated.
Llewellyn, D. 2013. Teaching High School Science Through Inquiry and Argumentation. New York. Corwin.
Retnosari, N. 2013. Analisis Profil Paper and Pencil Test yang Dibuat oleh Guru Biologi di Kabupaten Bojonegoro yang telah Disertifikasi. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: FMIPA Universitas Negeri Surabaya.
Rokhmatika, S. 2015. Pengaruh Inkuiri Terbimbing dipadu Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA di Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Quing, Z., Jing, G., & Yan, W. 2010. Promoting Preservice Teacher Critical Thinking Skills by Inquiry Based Chemical Experiment. Procedia Social and Behavioral Sciences, 2(2010): 4597—4603
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6635
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |