PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA NEGERI SIDOARJO

Nuril Maghfiroh, Herawati Susilo, Abdul Gofur

Abstract


The purpose of this study was to determine the influence of Project Based Learning toward the science process skills of students in class X SMAN 4 Sidoarjo. This study uses  quasi experiment with pretest posttest non-equivalent control group design. The samples were considering similar cognitive abilities between two classes into a control group and an experimental group. Science process skills measured by a written test then analyzed by an assessment rubric that has been adapted to every aspect of science process skills. The results showed that there was the influence of Project Based Learning toward the science process skills of students.\

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan rancangan pretest postest non-equivalent control group design. Penentuan sampel mempertimbangkan kemampuan kognitif yang setara antara dua kelas yang menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Keterampilan proses sains diukur melalui tes tulis yang kemudian dianalisis dengan rubrik penilaian yang sudah disesuaikan untuk setiap aspek keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan proses sains siswa.


Keywords


science process skills; Project Based Learning; keterampilan proses sains

Full Text:

PDF

References


Ahira, A. 2011. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli. (http://www.anneahira.com/pengertian-prestasi-belajar-menurut-para-ahli.htm), diakses 10 November 2015.

Akinbobola, A., dan Afolabi, F. 2010. Contructivist practices through guided discovery approach: The Effect on Students cognitive achievement in Nigerian Senior Secondary School. Eurasian Journal Physic Chemistry Education. (Online), (http://www/eurasianjournals.com/index.php/ejpce), diakses 10 November 2015.

Asih, T. 2015. Pengembangan Model Panduan Pembelajaran Keterampilan Proses Sains Biologi SMA/MA. Jurnal Pendidikan Biologi Bioedukasi Vol. 6 No. 1 Mei 2015. Lampung: Universitas Muhammadiyah Metro.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjono. 2006 Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hanifaturrahmah, A. 2014. Peningkatan Kecakapan Akademik (Academic Skills) Siswa dalam Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry Approach). Tesis tidak diterbitkan. Pekanbaru: Universitas Riau.

Harun, Y. 2006. Project Based Learning Handbook: Educating the Millennial Learner. Malaysia: Educational Technology Division-Ministry of Education.

Hidayat, A. 2007. Metode Penelitian dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Kemdikbud. 2013. Kurikulum 2013: Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21. http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/index-berita-kurikulum/243-kurikulum-2013-pergeseran-paradigma-belajar-abad-21. diakses 01 Maret 2016.

Mulyani, L. 2014. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X pada Materi Keanekaragaman Tumbuhan Biji. Bandung: Prosiding Mathematics and Sciences Forum 2014).

Nazir, M. 2005. Metodologi Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rais, M. 2010. Model Project Based Learning sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(3): 246—251. Makassar: Universitas Neheri Makassar.

Rezba, R.J. 1995. Learning and Assesing Science Process Skills. (http://www.longwood.edu/cleanva/images/sec6.processskills.pdf), diakses 10 Juni 2016.

Rustaman, N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: JICA-UPI.

Salpeter. 2001. 21st Century Skills: Have Student Ready. (http://www.21stCenturyskill.org), diakses 10 November 2015.

Schneider, D. K. 2005. Project Based Learning, (http://edutechwiki.unige.ch/en/Project_Based_Learning), diakses 10 Juni 2016.

Siwa, I. B., I.W. Muderawan, & I. N. Tika. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Volume 3 Tahun 2013. Singaraja: Program Studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Soetardjo & Soejitno. 1998. Proses Belajar Mengajar dengan Metode Pendekatan Keterampilan Proses. Surabaya: SIC Surabaya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trilling, B. & Hood. 1999. Learning, Technology, and Education Reform in the Knowledge Age. USA: Educational Technology.

Warsito. 2008. Pembelajaran Berbasis Proyek sebagai Usaha untuk Meningkatkan Aktivitas dan Academic Skill Siswa Kelas VII C SMP Muhammadiyah Depok. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, M. & Ansari. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License