PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Wahyu Purwanto, Ery Tri Djatmika R.W.W, Hariyono Hariyono

Abstract


Problem-based learning is often contrasted with conventional learning. Since it used to reform learning routine educators in the past ten years (See: Cifti, 2015; Nurjanah, 2014; Ananth & Rusiyanto, 2012; Folashade & Akinbobola, 2009; Mergendoller, et al., 2006). Research by Cifti (2015) and Mergendoller (2006) stated that the Problem Based Learning is proven able to increase the attention and interest of students. However, Problem Based Learning becomes ineffective if students were not interested in the problems to be solved. Therefore, it takes the role of instructional media to stimulate student interest. Media which could be integrated in learning are media, photo, video, text, posters and PowerPoint. Based on the alternative media above, PowerPoint is selected to support the model of Problem Based Learning. PowerPoint is assumed as appropriate media to address these issues.

Pembelajaran berbasis masalah sering kali ditandingkan dengan pembelajaran konvensional untuk mereformasi rutinitas pembelajaran pendidik pada sepuluh tahun terakhir ini (Lihat: Cifti, 2015; Nurjanah, 2014; Afroni & Rusiyanto, 2012; Folashade & Akinbobola, 2009; Mergendoller, dkk., 2006). Penelitian Cifti (2015) dan Mergendoller (2006) menyatakan bahwa dengan pembelajaran berbasis masalah terbukti dapat meningkatkan perhatian dan ketertarikan siswa. Akan tetapi, pembelajaran berbasis masalah menjadi tidak efektif jika siswa tidak berminat terhadap permasalahan yang akan dipecahkan. Oleh karena itu, dibutuhkan bantuan media pembelajaran untuk merangsang minat belajar siswa. Media yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran antara lain; media foto, video, teks, poster, dan PowerPoint. Berdasarkan alternatif media tersebut, PowerPoint dipilih untuk mendukung model Problem Based Learning. PowerPoint merupakan media yang bersifat multimedia yang sangat tepat untuk mengatasi permasalahan di atas.


Keywords


problem based learning; student interest; PowerPoint Media; problem based learning; minat belajar; media PowerPoint

Full Text:

PDF

References


Afroni, Zaenal, Wijaya, M. Burhan Rubai, & Rusiyanto. 2013. Studi Komparasi antara Model Problem Based Learning dengan Model Pembelajaran Konvensional terhadap Hasil Belajar Matakuliah Praktik Pemesinan. Journal of Mechanical Engineering Learning, 2 (2), (Online), (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jmel), diakses 20 Juni 2015.

Arends, R. I. 2013. Belajar untuk Mengajar (Learning to Teach). Terjemahan oleh Made Frida Yulia. 2013. Jakarta: Salemba Humanika.

Barrett, T. 2005. Hanbook of Enquiry & Problem Based Learning. Galway: CELT. (Online), (http://www.nuigalway.ie/celt/pblbook), diakses 26 Juni 2015.

Beringer, J. 2007. Aplication of Problem Based Learning through Research Investigation. Journal of Geography in Higher Education, 31 (3): 445—457.

Cifti, S. 2015. The Effect of Using Project-Based learning in Social Studies Education to Students’ Attitudes towards Social Studies Courses. Journal Procedia- Social and Behavioral Sciences, 186: 1019—1124.

Dantes, N. 2014. Landasan Pendidikan Tinjauan dari Dimensi Makropedagogis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dewey, J. 2001. Democracy and Education (A Penn State Electronic Classic Series Publication). Pennsylvania: The Pennsylvania State University.

Duch, B. J., Groh, Susan E., & Allen, Deborah E. 2001. Why Problem-Based Learning?, in the Power of Problem Based Learning. Duch, Barbara J., Groh, Susan E., and Allen, Deborah E (Eds). Virginia: Stylus.

Eggen, Paul, dan Kauchak, Don. 1996. Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Terjemahan oleh Satrio Wahono. 2012. Jakarta: PT Indeks.

Folashade, Afolabi, Akinbobola, A.O. 2009. Contructivist Problem Based Learning Technique and the Academic Achievment of Physics Students with Low Ability Level in Nigerian Secondary Schools. Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education, 1 (1): 45—51.

Freire, P. 1972. Pendidikan Kaum Tertindas. Terjemahan oleh Tim Redaksi. 2008. Jakarta: Pustaka LP3ES.

Gumawang, A. 2011. Belajar Otodidak Word, Excel, PowerPoint 2010 Plus Internet. Bandung: Informatika Bandung.

Hilgard, E. R. 1962. Introduction to Psychology. New York and Burlingame: Harcourt Brace and World Inc.

Hurlock, E. B.2009. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan oleh Istiwidayanti dan Soedjarwo. Tanpa tahun. Jakarta: Erlangga.

Ibrahim, dkk. 2006. Media Pembelajaran. Malang: Laboratorium Teknologi Pendidikan UM.

Kemdikbud RI. 2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud.

Marra, R. M., Jonassen, David H., Palmer, Betsy., Luft, Steve. 2014. Why Problem-Based Learning Works: Theoretical Foundations. Journal on Excellence in College Teaching, 25 (3&4): 221—238.

Mergendoller, J. R., Maxwell, Nan L., & Bellisimo, Yolanda. 2006. The Effetiveness of Problem-Based Instruction: A Comparative Study of Instructional Methods and Student Characteristics. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1 (2): 49—69.

Newman, M. J. 2005. Problem Based Learning: An Introduction and Overview of the Key Features of the Approach. Journal JVME, 32 (1): 12—20.

Nurjanah, S. 2014. Keefektifan Metode Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPS terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMPN 1 Jetis Bantul. JIPSINDO, 2 (1): 183—204.

Permendiknas No. 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum 2013.

Rusman, Kurniawan, &Riyana. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, W. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Santrock, J. W. 2008. Psikologi Pendidikan (Edisi 3 Buku 2). Terjemahan oleh Diana Angelica. 2009. Jakarta: Salemba Humanika.

Sardiman, A. M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2013. Belajar & Faktor-faktor yang Memengaruhi (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. 2006. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Terjemahan oleh Marianto Samosir. 2008. Jakarta: PT Indeks.

Smaldino, Sharon E., Lowther, Deborah L., & Russel, James D. 2011. Instructional Technology and Media for Learning (Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar). Terjemahan oleh Arif Rahman. 2014. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

So, Hyo-Jeong, & Kim, Bosung. 2009. Learning about Problem Based Learning: Student Teachers Integrating Technology, Pedagogy and Content Knowledge. Australasian Journal of Educational Technology, 25 (1): 101—116.

Syah, M. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tirtiana, C. P. 2013. Pengaruh Kreativitas Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran PowerPoint, dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi pada Siswa Kelas X AKT SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013 (Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening). Economic Education Analysis Journal (EEAJ), 2 (2): 15—23.

Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progesif, dan Kontekstual, Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Interaktif/KTI). Jakarta: Prenamedia Group.

Trisnantari, H. E. 2005. Hubungan Persepsi terhadap Jabatan Guru, Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Iklim Organisasi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa PGSD di Universitas Negeri Se-Jawa Timur. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i9.6721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License